Home > EKONOMI & BISNIS > AGRIBISNIS > Hendi Minta Warga Ikut Kembangkan Urban Farming

Hendi Minta Warga Ikut Kembangkan Urban Farming

SEMARANG[Kampusnesia]  – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi ajak masyarakat di wilayahnya untuk mulai gemar menanam berbagai pohon  melalui sistem urban farming  atau  pertanian perkotaan, sebagai upaya untuk penghijauan dan memperoleh nilai tambah.

Menurutnya, seiring  berkembangnya potensi pertanian lokal di  Semarang juga harus diikuti dengan inovasi bertani, lewat hidroponik, mengingat lahan pertanian di  ibukota Jateng mulai menyempit  akibat pembanguan perkotaan yang semakin berkempang pesat.

“Di lingkungan kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam melalui hidroponik sehingga selain sebagai penghijauan, juga hasil tanam bisa dikonsumsi bahkan jika dikembangkan serius bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan,” ujarnya  dihadapan ratusan audiens dari Dinas Pertanian Kota Semarang dan pengunjung  acara Semarang  Horti Expo 2017,  yang digelar  di kawasan Polder Stasiun Tawang  Semarang, Jum’at (8/12).

Hendi panggilan akrab  Hendrar Prihadi itu  mengatakan  saat ini dengan telah berkembangnya 16 Kecamatan di Kota Semarang dalam melakukan program Pemkot menciptalan pertanan perkotaan, diharapkan  bisa semakin dikembangkan.

Senada, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang  Rusdiana menuturkan pihaknya terus berupaya akan memberikan bantuan  bibit dan pelatihan pertanian terkait program pemerintah menghijaukan perkotaan melalui pertanian perkotaan.

“Dengan bantuan yang telah kami berikan ke kelompok tani di Semarang  diharapkan  bisa terus dikembangkan, sehingga selain menghijaukan pemukiman  ibu rumah tangga  juga bisa menambah pengahsilan rumah tangga,”tuturnya.

 

* Artikel ini telah dibaca 37 kali.
Syamsul Huda
Pimpinan Redaksi Kampusnesia.com. Staf pengajar STIKOM Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *