Home > HEADLINE > PWI Jateng Dorong Pengurus Daerah Segera Selenggarakan UKW

PWI Jateng Dorong Pengurus Daerah Segera Selenggarakan UKW

SEMARANG[Kampusnesia] – Pengurus Persatuan Wartawan  Indonesia  Provinsi Jawa Tengah ( PWI Jateng ) akan mendorong pengurus PWI  di berbagai daerah   untuk  memprioritaskan  penyelenggaraan   kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW)  di setiap daerahnya,  sebagai program unggulan  2018.

Ketua Pengurus PWI Jateng H Amir Machmud NS, SH, MH mengatakan  tuntutan komptensi dan profesionalisme    selalu melekat  pada diri   seorang wartawan anggota PWI ,  sehingga   pengurus PWI kabupaten/ kota di Jateng  segera  dapat menyelenggarakan UKW mulai tahun depan.

“Dengan mengikuti UKW maka para wartawan yang menekuni profesinya dapat mengukur diri tingkat  profesionalismenya. Untuk menyelenggarakan kegiatan ini memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit, PWI sebagai organisasi nirlaba  tentu tidak lepas dari kendala pembiayaan organisasi terutama dalam mewujudkan program-programnya, sehingga masih membutuhkan bantuan dari mitra kerja,”ujarnya kepada kepada Kampusnesia.com, Minggu (10/12).

Dengan demikian, lanjutnya, ditengah-tengah keterbatasan menggalang dana organisasi, para pengurus PWI di daerah  diharapkan  dapat mensiasati keadaan dan memperluas jaringan untuk membangun kerja sama baik dengan swasta maupun pemerintah sebagai mitranya.

Ketua STIKOM Semarang, Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si

Penyelenggaraan UKW  yang durasinya berlangsung dua hari merupakan kegiatan yang bagus, hingga diharapkan ,para mitra kerja organisasi kewartawanan tertua  itu  akan merespon dan  mendukung program UKW ini , bahkan mereka berpotensi  dan berminat dilibatkan menjadi   program bersama.

“Rintisan kegiatan UKW yang pelaksanaannya  dikerjasamakan dengan mitra kerja ini sudah mulai ditempuh oleh pengurus PWI daerah, bahkan beberapa PWI sudah melaksanakan kerjasama itu di antaranya  PWI Kabupaten Kudus dan  Wonosobo, segera menyusul PWI Cilacap akan bermitra dengan BUMN, ” tutur Amir .

Sementara itu Ketua STIKOM Semarang, Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si menuturkan sebagai perguruan tinggi ilmu komunikasi pihaknya berkeinginan menerapkan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke depan bisa menyertakan mahasiswa calon wartawan sehingga setelah lulus mereka sudah siap memasuki pasaran kerja di bidang industri media.

“Karena itu kami bekerja sama dengan berbagai stakeholders, khususnya pengelola media serta berbagai lembaga komunikasi lainnya,  termasuk PWI  telah mensepakati pelatihan dan pembekalan jurnalisme terhadap para mahasiswa STIKOM Semarang, ” tutur Gunawan.

Menurutnya, selain dengan PWI Jateng, STIKOM Semarang juga telah merealisasikan kerja sama dengan media online Semarangpedia.com dalam manajemen laboraturium media massa yang terintegrasi, dan segera dipersiapkan upaya serupa dengan berbagai perusahaan swasta yang bergerak di bidang periklanan, penyiaran serta kehumasan untuk meningkatkan ketrampilan terhadap para mahasiswa STIKOM Semarang. (Iwan/smh)

 

* Artikel ini telah dibaca 76 kali.
Syamsul Huda
Pimpinan Redaksi Kampusnesia.com. Staf pengajar STIKOM Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *