Home > EKONOMI & BISNIS > KAI Daops IV Siapkan 198 Personil Amankan Angkutan Natal Dan Tahun Baru

KAI Daops IV Siapkan 198 Personil Amankan Angkutan Natal Dan Tahun Baru

SEMARANG[Kampusnesia] – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) IV Semarang menambah sebanyak 198 personel, untuk pengamanan masa angkutan liburan Natal dan Tahun Baru 2017/2018.

“Kami menambah sebanyak 198 personel untuk pengamanan perjalanan kereta api (KA) selama Natal dan Tahun Baru,” ujar Kepala PT KAI Daops IV Semarang Wiwik Widayanti usai memimpin apel gelar pasukan menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2017/2018 oleh PT KAI Daops IV di Stasiun Tawang Semarang, Jumat. (22/12)

Sebanyak 198 personel tambahan itu, lanjutnya, terdiri atas 85 petugas penilik jalan (PPJ), 86 penjaga jalan lintasan (PJL), 27 penjaga daerah rawan dan sisanya petugas “flying gank“.

Jajaran pasukan “flying gank“, menurutnya, akan bersiaga selama 24 jam untuk mencegah terjadinya gangguan perjalanan KA selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru mendatang.

“Untuk kebutuhan medis, kami sediakan lima posko kesehatan, yakni di Stasiun Tawang Semarang, Stasiun Poncol, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, dan Stasiun Cepu,” tuturnya.

Dia menuturkan berbagai fasilitas penunjang kesehatan juga disiapkan, seperti lima unit mobil ambulans, 20 unit kursi roda di 20 stasiun dan 20 tandu yang disiapkan di 20 stasiun.

Selain itu, lanjutnya, juga disiapkan empat unit Automated External Defibrillators (AED), yang merupakan perangkat dasar penyelamat jantung yang ada di Stasiun Semarang Tawang, Semarang Poncol, Tegal, dan Cepu.

Bagi ibu menyusui, kata Wiwik, telah disediakan fasilitas ruang laktasi yang tersebar di 14 stasiun di wilayah Daops IV Semarang, di antaranya Stasiun Tegal, Pemalang, Weleri, dan Cepu.

Menurutnya, sebagai upaya untuk menjamin keamanan penumpang KA, baik di stasiun maupun di atas KA juga akan dikerahkan sebanyak 515 personel, baik personel internal maupun eksternal.

“Bahkan kami juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Dari TNI dan Polri ada sebanyak 76 personel, kemudian dari KAI dikerahkan 439 personel, terdiri 105 Polisi Khusus KA (Polsuska) dan 334 sekuriti,” ujarnya.

Di stasiun-stasiun tertentu, seperti Stasiun Tawang dan Poncol yang penumpangnya tergolong padat juga diperkuat pengamanannya dengan K9 atau anjing pelacak dari Kepolisian.

Seperti tahun sebelumnya, dia menambahkan KAI juga dibantu dengan kehadiran anggota komunitas pecinta KA yang akan ikut serta menyukseskan masa angkutan ini melalui kegiatan pelayanan di stasiun-stasiun.

“Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk turut menyukseskan Angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Dengan bantuan dari beberapa pihak seperti TNI, Polri, dan komunitas pecinta KA,” tuturnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 31 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *