Home > EKONOMI & BISNIS > Perdagangan Saham Di Pasar Modal Masih Didominasi Pemodal Asing

Perdagangan Saham Di Pasar Modal Masih Didominasi Pemodal Asing

SEMARANG[Kampusnesia] – Kegiatan perdagangan saham di pasar modal hingga saat ini tercatat 50% saham Indonesia masih dimiliki investor asing, sedangkan investor nasional atau lokal belum menunjukkan adanya peningkatan.

Kepala Indonesia Stock Exchange Semarang, Fanny Rifqi el Fuad MSi mengatakan saat ini lebih dari 50% saham yang tercatat di bursa saham Indonesia (IDX) masih dikuasai pemodal asing.

“Sangat disayangkan dari jumlah pemodal itu, masih banyak investor nasional terkesan kurang berminat berinvestasi melalui pasar saham, bahkan menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya pada Seminar Pasar Modal yang di gelar di Universitas Islam Sultan Agung (Unisula), Selasa. (2/1)

Menurutnya, perusahaan asing yang mencari keuntungan di Indonesia melalui perdagangan saham di bursa Indonesia cukup banyak dan mereka mendapatkan keuntungan lebih dari separuh total keuntunganya saham yang dprdegangan secara kesluruhannnya, di tengah indeks bursa sedang mengalami tren positif.

Seminar pasar yang digelar oleh Kelompok Studi Pasar Modal Fakultas Ekonomi (FE) Unissula itu mengangkat tema ‘Be Young Investor, Sharia Investment for a Better Future, menampilkan pembicara utama Kepala Indonesia Stock Exchange Semarang Fanny Rifqi el Fuad  MSi, Kepala Bagian Pengawasan Pasar Modal Kantor Regional III Jawa Tengah-DIY Otoritas Jasa Keuangan Nur Satyo Kurniawan, Investor muda Rinaldy Imanuddin dan Guru Besar FE Unissula Prof Dr Ibnu Khajar SE MSi.

Fanny menuturkan menjadi investor saham sebenarnya tidaklah sulit dan jangan khawatir akan merugi, karena elama ini dalam list yang ada di bursa lebih dari 70% perusahaan mendapatkan profit atau tidak rugi, ketika perusahaan membubuhkan laba, hingga harga saham cenderung naik dan sangat menguntungkan bagi investor.

Sementara Prof  Ibnu mengatakan dibandingkan dengan investasi riil, sebenarnya investasi saham bisa dikatakan lebih aman dan mudah serta nilai kerugianya relatif kecil. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 322 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *