Home > HEADLINE > Pembangunan Proyek Sirkuit Mijen Siap Memasuki Tahap II

Pembangunan Proyek Sirkuit Mijen Siap Memasuki Tahap II

SEMARANG[Kampusnesia] – Pembangunan sport center Mijen yang dibangun Pemkot Semarang lengkap dengan sirkuit balap motor tahap I di Mijen telah rampung dan segera disusul untuk tahap II.

Pelaksana Proyek Sport Center Mijen PT Mina Fajar Abadi Nur Ashadi mengatakan Dinas Penataan Ruang Pemkot Semarang kini akan segera merampungkan pengerjaan sirkuit dalam tahap II dan III, meski saat ini sudah masih dalam masa pemeliharaan.

Menurutnya, pembangunan sirkuit bertaraf nasional itu pada tahap I telah menghabiskan anggaran Rp38,8 miliar dan sudah diserrahkan kepada Distaru Kota Semarang pada 27 Desember 2017 lalu yang meliputi pembangunan cut and fill lahan seluas 8,4 hektare, pembuatan lintasan dan pengaspalan sepanjang 1,4 kilometer.

Lahan yang digunakan, lanjutnya,  sebelumnya merupakan hutan karet dengan kontur tebing dan lembah hingga pembangunan harus dilakukan cut and fill dan menguruk bagian lembah dengan menggunakan material yang sudah dikepras.

“Semula lahan itu berupa tebing dan kami kepras habis 174.000 m3 untuk menguruk tebing setinggi 28 meter itu, sehingga menjadi datar dan jadi lintasan,” ujarnya, Senin. (8/1)

Sirkuit Mijen dibangun menggunakan APBD Kota Semarang dan dipryeksikan selesai seluruhnya pada 2018 dengan pembangunan dilakukan multiyears menggunakan anggaran sebesar Rp135 miliar yang terbagi menjadi tiga tahap.

Konsep sirkuit itu, dia menambahkan ke depan multi event sport, selain sebagai arena road race yang memiliki panjang lintasan 1,4 kilometer,  juga dilengkapi arena gokart, drag race, slalom serta paddock.

Sekretaris Distaru Kota Semarang Irwansyah menuturkan jika tahap I pembangunan sudah rampung pada akhir Desember lalu, segera dilanjutkan pada  tahap II dengan nilai anggaran sekitar Rp60 miliar.

“Proyek itu akan kembali dilakukan lelang  dan kami mengharapkan kontraktor selanjutnya dapat mempertahankan kualitas pembangunan seperti tahap I,” tuturnya.

Menurutnya, pembangunan tahap II meliputi pengerjaan paddock, tribun, mechanical engineering dan juga penguatan talud, mengingatnilai pengerjaannya jauh lebih besar dari tahap I.

Pengerjaan sirkuit itu, lanjutnya, akan disempurnakan pada tahap II pada 2019, sehingga pada 2020, Sirkuit Mijen ini sudah rampung keseluruhannnya dan dapat digunakan untuk even otomotif.

Pembangunan sport center yang representatif itu,  pekerjaan fisik sudah  dengan mengalokasikan dana sebesar Rp135 miliar sudah rampung. Bahkan sebuah sirkuit dibangun bertaraf nasional hingga lintasan balap panoramik dengan pemandangan keindahan kawasan pegunungan bakal sangat menraik.

Konsep sirkuit panoramik itu, dia menambahkan akan Multy Event Sport. Selain sebagai arena road race dengan panjang lintasan 2,7 kilometer, sirkuit juga dilengkapi dengan arena gokart, drag race, slalom,  paddock serta kelengkapan tribun dan panggung besar untuk berbagai kegiatan anak muda berkonsep sport center multy event. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 306 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *