Home > HEADLINE > Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir Menjadi Favorit Para Travelers

Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir Menjadi Favorit Para Travelers

SEMARANG[Kampusnesia] – Gardu pandang di berbagai kawasan pegunungan belakangan ini lagi ngetrend dan semakin popular menjadi andalan tempat wisata, seiring dengan meningkatnya minat para travelers terhadap obyek wisata itu.

Bahkan di Kabupaten Semarang yang memiliki tempat wisata gardu pandang kini menjadi tempat favorit para travelers. Destinasi wisata Gardu Pandang Lereng Kelir, di Kabupaten Semarang itu kini terus dibanjiri para wisatawan.

Tak hanya pemandangan panorama yang indah dan udaranya yang sejuk, gardu pandang Lereng Kelir juga disediakan spot atau tempat berfoto (silfie) untuk diuggah di berbagai media sosial termasuk instagram.

Ari Kurniawan, Pengurus Gardu Pandang Lereng Kelir menuturkan tempat wisata itu juga sangat cocok untuk spot dan foto silfie, bahkan jika cuaca mendukung tidak berkabut bisa melihat sunset, sunrise dengan latar Rawa Pening.

Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir dibuka sejak Desember 2016 lalu. Namun,  pada saat itu tempat wisata tersebut belum popular hingga wisatawan yang datang masih rekatuf sedikit.

Sebelumnya, tutur Ari, kawasan  ini hanya untuk ngecamp saja, kemudian, masyarakat berinisiatif untuk membuka jadi kawasan wisata,.

Gardu Pandang Lereng Kelir letaknya mudah ditemukan, jika dari Semarang, dari jalan raya menuju ke arah Yogyakarta,  jika sampai pangkalan truk daerah Desa Jambu terdapat petunjuk papan bertuliskan “Wisata Lereng Kelir” yang berada di kiri jalan sebelum Kafe Kopi Banaran.

Bagi wisatawan yang mau ke atas lagi atau trekking, dapat melihat pemandangan Gunung Sindoro-Sumbing di Pos 4. Ada pula rumah pohon dan gardu pandang di Wisata Lereng Kelir.

Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung hanya membayar tiket yang cukup murah Rp.0005 per orang untuk hari biasa dan Rp7.000 per orang untuk hari libur, sedangkan karcis parkirnya, bagi motor dikenakan Rp3.000 dan mobil Rp5.000.

Menjelang weekend, destinasi Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir tidak pernah sepi wisatawan. Tak hanya berfoto saja, namun wisatawan juga dapat menikmati fasilitas penunjang lainnya yang cukup memadai seperti adanya toilet, mushola, penjual pernak-pernik dan gazebo.

Dewi Anggita (23) wisatawan asal Kota Semarang menuturkan datang bersama ketiga temannya untuk menikmati pemandangan Gardu Pandang Lereng Kelir. Awalnya mengetahui tempat yang sedang populer ini dari temannya di instagram.

 

“Awal mula sih taunya temen yang mengunggah foto instagram di tempat ini, terus jadi penasaran hingga pengin melihat gardu pandang, fasilitasnya juga oke kok, gak kalah sama yang ada di Yogyakarta,” ujar mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Semarang itu.

Saat ini Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir menjadi destinasi wisata unggulan di Kabupaten Semarang dari sejumlah wisata lainnya. Bahkan tempat ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk berakhir pekan bagi wisatawan.(Irfandi Ardiianto/rs)

* Artikel ini telah dibaca 1,196 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

One thought on “Wisata Gardu Pandang Lereng Kelir Menjadi Favorit Para Travelers

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *