Home > HEADLINE > Sego Gono Dan Rondo Kemul Makanan Khas Temanggung Banyak Digemari Wisawan

Sego Gono Dan Rondo Kemul Makanan Khas Temanggung Banyak Digemari Wisawan

TEMANGGUNG [Kampusnesia] – Sego Gono merupakan kuliner khas Kabupaten Temanggung dan mulai banyak digemari para konsumen, meski belum setenar makanan bakso lombok uleg, namun makanan khas daerah yang terletak di lereng gunung Sundoro-Sumbing itu banyak diburu para wisatawan.

Makanan khas Sego Gono terbuat dari nasi bercampur sayuran kol, buncis dan daun lembayung yang sebelumnya telah diiris tipis-tipis. Sego Gono disajikan juga dengan parutan kelapa, ikan teri, tempe, kentang, dan juga sayur-sayur lainnya.

Dengan racikan itu, Sego Gono yang unik didengar namanya ternyata tidak kalah lezatnya dengan makanan khas dari daerah lain, bahkan wisatawan yang pernah merasakan mulai banyak yang ketagihan dan mereka jika melintas di Temanggung pasti menyempatkan untuk mampir membeli makanan khas tersebut.

Rumah Makan Temanggung Bersenyum merupakan salah satu yang menyajikan Sego Gono, letaknya di pusat kota di Jalan MT Haryono dekat alun-alun Kota Temanggung.

Nanang, pengelola Rumah Makan Temanggung Bersenyum menuturkan sejarahnya Sego Gono sudah ada sejak jaman dahulu dan cukup jadul. Menurutnya, nama Sego Gono masih belum diketahui secara pasti.

“Kalau masyarakat berasumsi Sego Gono ini mempunyai arti merGo oNone (Karena Adanya)  atau ala kadarnya. Cita rasa dari Sego Gono dikenal lezat dan gurihnya,” ujarnya.

Rumah makan yang menunya menyajikan serba makanan khasTemanggung itu, memiliki konsep bangunan lama. Tembok-tembok bangunan masih mempertahankan batu bata, dan tiang-tiangnya terbuat dari kayu yang menambah kesan kuno serta arsistik.

Selain Sego Gono, rumah makan yang berdiri sejak 2004 ini menyajikan menu khas Temanggung lainnya seperti Bakso Lombok Uleg, Sego Jagung Goreng dan Rondo Kemul.

Menurut Nanang, selain Sego Gono, Bakso Lombok Uleg, wisatawan yang datang ke Temanggung pada umumnya juga memesan makanan Rondo Kemul.

Rondo Kemul, tutur Nanang,  terbuat dari jadah atau ketan yang tengahnya diisi oleh jenang lalu dibakar. Rondo Kemul rasanya manis dan kenyal berkombinasi dengan rasa sedikit asin dari jadah yang dibakar.

Rondo Kemul yang disajikan hangat dan sangat cocok sebagai cemilan di Temanggung yang berhawa dingin serta sejuk.

“Kalau Rondo Kemul itu khas Temanggung, hingga kini masih banyak warga Temanggung yang belum mengetahui, karena jika dipesan konsumen umumnya disandingkan dentan minuman teh tawar hangat atau kopi,” ujarnya.

Menurutnya, untuk menikmati menu yang tersedia di Rumah Makan Temanggung Bersenyum tidaklah mahal. Harga menu yang ditawarkan berkisar Rp5000 – Rp17.000.

Jika penasaran dan ingin mengenal menu khas Temanggung, silakan datang ke Rumah Makan Temanggung Bersenyum yang lokasi mudah ditemukan dekan alun-alun pusat kota temanggung. (Irwandi Ardianto/rs)

* Artikel ini telah dibaca 294 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *