Home > HEADLINE > Wanawisata Pinus Lobang Tawarkan Keindahan Air Terjun Dan Gardu Pandang

Wanawisata Pinus Lobang Tawarkan Keindahan Air Terjun Dan Gardu Pandang

BATANG[Kampusnesia] – Rimbunya hutan pinus dan sejuknya suasana perbukitan terasa begitu indah saat memasuki wisata hutan pinus di Desa Lobang Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Lokasi wisata hutan pinus dengan ketinggian di bawah 1.000 MDPL yang pada diresmikan 1 Desember 2017 itu, memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan tidak kalah dengan wisata serupa di wilayah lainya.

Bagi para pelancong sangat cocok jika ingin menghabiskan liburan akhir pekan di kawasan wisata hutan pinus, karena sangat mengasyikan keindahaan panorama pemandangannya, bahkan bagi mereka yang ingin melepas penat juga sangat tepat beristirahat di wisata yang sejuk itu.

Sejak resmi dibuka wisata hutan pinus Desa Lobang itu, kini semakin ramai dikunjungan para wisatawan, tidak hanya mereka yang berasal di Batang dan sekitarnya, tetapi juga pengunjung dari berbagai penjuru daerah.

Wini Nur Saputri pengunjung yang berasal dari Kecamatan Tersono Batang sengaja datang ke wisata itu,  karena penasaran akan keindahan pemandangan alam dan juga menginginkan suasaa yang sejuk untuk mengisi liburan akhir pekan.

“Saya sudah tiga kali datang ke wisata hutan pinus Lobang, hingga kegauman saya informarsikan kepad teman, yang akhornya mereka ramai-ramai ikut mencoba wisata ke hutan hutan pinus itu,”ujarnya.

Menurutnya, suasana alam hutan pinus yang masih asri dan nyaman di wisata itu semakin mendorong ingin tinggal berlama-lama dan kian betah untuk berlibur dengan waktu cukup lama.

“Wisata hutan inus sangat bagus, namun fasilitasnya masih perlu ditingkatkan, seperti kamar mandi, tempat sampah masih minim, bahkan penjual makanan juga belum banyak dan beragam yang dapat membuat wisatawan semakin betah,” tutur wanita berparas cantik itu.

Anisa warga  Plelen Kabupaten Batang yang juga menyempatkan diri untuk menikmati liburan di wisata hutan pinus itu menuturkan lokasi wisata di Desa Lobang merupakan destinasi yang perlu perhitungkan dan dikunjungi.

“Untuk foto silfie bagus, adem dan sejuk, saya baru pertama kali datang ke lokasi wisata pinus ini, kalau saja banyak gazebo pasti pengunjung semakin betah,” ujar Anisa.

Bagi wisatawan ingin mengunjungi wisata hutan pinus Desa Lobang lokasi mudah dijumpai dan jarak tempuh juga tidak begitu jauh, dari arah jalur pantura Batang menuju ke daerah Limpung hingga sampai ke alun-alun Limpung, kemudian mengambil arah ke selatan ke Desa Lobang.

Bagi wisatawan yang ingin masuk lokasi wisata hutan pinus itu hanya dikenakan tiket relatif terjangkau cukup Rp2.000 untuk parkir sepeda motor dan Rp3.000 tarif tiket masuk.

Ketua Pokdarwis Polowono Puji Ruwanto sekaligus pengelola kawasan wisata hutan pinus Desa Lobang itu mengatakan belakangan ini pengunjung ke wisata itu semakin meningkat, bahkan sebanyak 50 wisatawan datang setiap harinya hingga menjadi melonjak 100% saat libur akhir pekan.

“Kawasan wisata hutan pinus itu juga terdapat tiga air terjun mencakup air terjun Pager, Sikembar dan Pawon, yang keseluruhan memiliki keindahan alam yang begitu asri,” tuturnya.

Menurutnya, sejak diresmikan wisata yang dikelola oleh swasdaya oleh warga Desa Lobang itu kini mampu memperoleh pendapatan sebesar Rp10 juta per bulan.

“Rata-rata senilai Rp10 juta setiap bulan perolehan dari kontribusi wisata itu, karena kawasan wisata di kelola oleh warga desa, sehingga hasil pendapatan itu kembali diperuntukan untuk mengembangkan kawasan wisata ke depan, termasuk upaya penambahan berbagai fasilitas agar pengunjung lebh nayman,” ujarnya. (Iwan Arifianto/rs)

* Artikel ini telah dibaca 167 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *