Home > EKONOMI & BISNIS > AGRIBISNIS > Bupati Demak Canangkan Gerakan Masyarakat Menanam Tumbuhan Bergizi

Bupati Demak Canangkan Gerakan Masyarakat Menanam Tumbuhan Bergizi

DEMAK(Kampusnesia)
Bupati Demak HM Nasir mengajak warganya untuk
memanfaatkan tanah pekarangan rumah, sebagai lahan tumbuhan atau tanaman bergizi, sekaligus untuk turut serta memelihara ketahanan bangsa.

Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan makanan bergizi tidak perlu mengeluarkan dana besar, tetapi cukup memanfaatkan tanah pekarangan rumah untuk ditanami tumbuhan atau tanaman bergizi, tidak harus luas arealnya.

Sajian kue, lanjutnya, maupun sayuran harian seperti kacang tanah, ketela pohon, ketela rambat dan ubi-ubian lainnya merupakan menu bergizi dan bagus.

“Untuk mendapatkannya mudah dan murah serta bisa tanam di sekitar rumah seperti pisang, jeruk dan lainya, bahkan perawatannya mudah,” ujarnya saat upacara peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-58 di alun-alun masjid Agung Demak, Mingggu (28/1).

Dengan demikian, dia menambahkan Pemkab mecanangkan warga Demak agar menanam tanaman atau tumbuhan bergizi di pekarangan rumah masing-masing.

Jenis makanan bergizi, lanjutnya, seperti itu tidak asing bagi warga Demak, karena sejak dulu sudah menjadi menu atau jajanan harian yang mudah didapat.

Namun, Nasir mengingatkan jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan bergizi, harus seimbang.

Komposisi protein dan karbohidrat yang dikonsumsi harus seimbang, sehingga para konselir gizi dapat berperan memberi edukasi pada masyarakat.

Dia menuturkan dengan mengkonsumsi makanan bergizi, dipastikan tubuh bakal tetap sehat, kuat dan memiliki ketahanan.

Kondisi itu, menurutnya. menjadi modal untuk mewujudkan bangsa yang kuat dan kokoh.

Peringatan HGN ke-58 di Demak dimeriahkan dengan bergagai kegiatan di antaranya senam yang diikuti 500 peserta, periksa kesehatan gratis yang ditangani tim kesehatan Puskesmas se Kabupaten Demak.

Layanan tes kesehatan gratis untuk masyarakat itu meliputi tes gula darah, tekanan darah, kolestrol, kencing manis, asam urat dan lainya.(Faidlul Atiq/rs)

* Artikel ini telah dibaca 164 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *