Home > HEADLINE > Undip Siapkan 50 Guru Besar Untuk Dukung Menuju World Class University

Undip Siapkan 50 Guru Besar Untuk Dukung Menuju World Class University

SEMARANG[Kampusnesia] – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang kini tengah menyiapkan sebanyak 50 dosen untuk menjadi guru besar (Gubes) , yang sudah memenuhi syarat publikasi internasional menjadi Gubes bukan menjadi pilihan tetapi karena institusi membutuhkan.

Mereka akan ikut bersama sama mendayung menuju undip yang world class university  dan jika mereka terpilih menjadi guru besar dapat mempercepat peningkatan kualitas pendidikan di jajaran perguruan tinggi negeri itu.

Rektor Undip ProfYos Johan Utama saat memperkenalkan tiga guru besar baru Undip mengatakan menjadi guru besar bukan menjadi pilihan, namun institusi membutuhkan guru besar program menuju world class university.

“Ini merupakan langkah yang kini tengah diupayakan Undip hingga diharapkana mampu berdaya saing Internasional,” ujarnya, Selasa. (20/3).

Menurutnya, jumlah guru besar di Undip relative masih sedikit belum mencaopai 10% dari keseluruhan dosen yang ada. Program percepatan guru besar itu, sekaligus merupakan bentuk dari akuntabilitas dan penjaminan mutu pendidikan Undip.

“Langkah upaya kami untuk menghadapi persaingan, baik di tingkat nasional maupun Internasional dan menghadapi adanya perguruan tinggi asing yang akan masuk di Indonesia, sehingga Undip harus bergerak cepat menyiapkan diri,” tuturnya.

Sekretaris Senat Akademik Prof Sunarso menuturkan dalam waktu dekat Undip akan mengukuhkan tiga guru besar tetapnya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip).

“Ketiga guru besar itu adalah Prof Tri Winarni Agustini yang akan menyampaikan pidato pengukuhannya dengan tema Produk Pangan Masa Depan Berbasis Sumbardaya Ikan, Prof Syafrudin dengan tema pidato pengukuhan Pengelolaan Berkelanjutan Sampah Sebagai Upaya Peningkatan Infrastruktur Kota dan Prof Naili Farida dengan tema pidato pengukuhan Pemasaran Berbasis Hubungan Pelanggan,” ujar Sunarso.

Dengan bertambahnya tiga guru besar baru ini, dia menambahkan Undip saat ini secara keseluruhan telah memiliki sebanyak 116 guru besar. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 228 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *