Home > HEADLINE > Peringati Hari Jadi Ke-515 Pemkab Demak Selenggarakan Khataman Al Qur’an

Peringati Hari Jadi Ke-515 Pemkab Demak Selenggarakan Khataman Al Qur’an

DEMAK[Kampusnesia] –  Pemkab Demak menyelenggarakan Mudarosah dan Khataman Al Qur’an 31 Juz di pendopo kabupaten, yang merupakan agenda dalam rangkaian pemperingati Hari Jadi Kabupaten Demak Ke-515.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kabupaten Demak H Anang Badrul Kamal S.Sos, M.Si mengatakan kegiatan ini dengan melibatkan para kyai dan santri – santri pesantren Al Qur’an yang ada di wilayah Kabupaten Demak.

“Acara Mudarosah dan Khataman Al Qur’an 31 Juz yang di pendopo Kabupaten itu, berlangsung Rabu (21/3) itu dalam rangka memperingati hari jadi ke-515 Kabupaten Demak,  sekaligus memperingati hari wafat atau haul ke-6  Alm Bapak H Tafta Zani (Bupati Demak) dan haul ke-2 Alm Bapak  Dachirin Said ( Bupati Demak),” ujarnya, di Demak, Rabu (21/3).

Menurutnya, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi warga masyarakat Demak dengan para ulama dan para pejabat di lingkungan Pemkab Demak. Terlebih kegiatan utamanya adalah membaca Al Qur’an dan mendoakan para pimpinan Demak yang sudah wafat.

Bacaan-bacaan doa dan  ayat-ayat  kitab suci  Al Qur’an  yang dibacakan para kyai dan santri  di pendopo ini diharapkan dapat meningkatkan keimanan dan kekuatan masyarakat Demak dalam menjalankan  semua aktivitasnya, sehingga warga Demak senantiasa mendapat berkah dari Allah SWT.

“Kami berharap salah satu agenda kegiatan memperingati hari jadi Demak berupa pembacaan  Al Qur’an  dan mengirim doa kepada para pendahulu yang sudah meninggal ini juga dilaksanakan di daerah atau desa-desa di Kabupaten Demak,  tentu disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada,” tutur Anang.

Teknis Mudarosah dan Khataman Al Qur’an 31 Juz  yang dilaksanakan di pendopo kabupaten Demak ini dimulai dengan membaca surat al-fatihah,  kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat Al Qur’an  setiap juz secara bergantian oleh para santri hingga khatam 30 juz. (Faidul Atiq/smh)

* Artikel ini telah dibaca 442 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *