Home > EKONOMI & BISNIS > Liburan Panjang Jumlah Penumpang KA Di Daop IV Diprediksikan Naik 10%

Liburan Panjang Jumlah Penumpang KA Di Daop IV Diprediksikan Naik 10%

SEMARANG[Kampusnesia] –  Jumlah penumpang kereta api (KA) di wilayah PT KAI Daop IV Semarang menjelang liburan panjang (long weekend) bersamaan dengan libur Hari Wafat Isa Al Masih pada Jumat (30/3) diperkirakan bakal meningkat mencapai 22.000 penumpang per hari.

Lonjakan penumbang bakal mencapai 10% selama libur panjang akhir pekan ini yang diawali libur peringatan wafatnya Isa Almasih. Jumlah penumpang rata-rata sekitar 20.000 per hari pada hari-hari biasa dan liburan opanjang bakal meningkat dan dipredikasi mencapai 22.00 penumpang per hari.

Manager Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto mengatakan peningkatan penumpang KA pada masa liburan panjang akhir pekan ini sudah mulai terasa, bahkan semua perjalanan dari arah Jakarta dan Bandung ke Semarang ticket telah habis terjual.

Menurutnya, untuk keberangkatan KA dari Semarang ke sejumlah kota seperti Jakarta dan Bandung, penjualan tiket sudah mencapai 70% untuk keberangkatan 28 Maret hingga 1 April 2018. Puncaknya jumlah penumpang naik di wilayah PT KAI Daop IV Semarang pada masa liburan ini akan terjadi pada Minggu mendatang (1/4/2018).

Pada masa libur ini, lanjitnya, PT KAI mengoperasikan dua KA jarak jauh/menengah tambahan, terdiri KA Tawang Jaya Premium, relasi Semarang Tawang-Pasar Senen pada 29 Maret sampai 1 April 2018, dengan kapasitas 800 tempat duduk per hari.

KA Sembrani tambahan relasi Surabaya-Gambir yang melintas di wilayah Daop IV Semarang pada 1 April 2018, dengan kapasitas 350 tempat duduk per hari.

Selain itu, dia menambahkan PT KAI juga mengoperasikan sejumlah kereta api reguler dalam masa angkutan liburan panjang akhir pekan ini, di antaranya 6 KA reguler dengan keberangkatan awal dari Semarang berkapasitas 3.810 tempat duduk.

Kemudian, 36 KA jarak menengah/jauh reguler yang melintas di wilayah Daop IV Semarang, dengan kapasitas 20.280 tempat duduk per hari, dan 14 KA lokal dengan kapasitas 7.592 tempat duduk per hari.

Sedangkan PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan KA tambahan terdiri dari 9 KA kelas eksekutif yang berangkat dari stasiun Gambir, 1 KA kelas eksekutif dan 2 KA kelas ekonomi yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

KA tambahan sebanyak itu, mulai dioperasikan 28– 31 Maret 2018. Kedua belas KA tersebut dioperasikan dengan kota tujuan Solo 1 KA, Semarang 1 KA, Surabaya 1 KA, Cirebon 2 KA, Kutoarjo 1 KA, Bandung 5 KA dan Kiaracondong 1 KA. (rs)

 

 

* Artikel ini telah dibaca 48 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *