Home > HEADLINE > FKPT Jateng Bersama Kalangan Muda Kota Semarang Tolak Ideologi Radikal Dan Teror

FKPT Jateng Bersama Kalangan Muda Kota Semarang Tolak Ideologi Radikal Dan Teror

SEMARANG[Kampusnesia] – Aktivitas penolakan dan pencegahan terhadap ideologi radikalisme dan terorisme oleh masyarakat yang digagas Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT ) Jateng semakin bergerak massif.

Kalangan, mahasiswa dan pelajar Kota Semarang mendeklarasikan penolakan terhadap tindak kejahatan luar biasa itu.

Ketua FKPT Jateng Dr Drs Budiyanto SH, M.Hum mengatakan bola salju pencegahan ideologi radikalisme dan terorisme yang digulirkan FKPT Jateng bersama pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Semarang bulan lalu direspon positif masyarakat dan Pemkot Semarang.

“Kondisi ini sangat menggembirakan sekali. Ini pertanda bahwa kesadaran masyarakat ibukota Jateng terhadap bahaya radikal dan teror semakin tinggi, kami berharap suasana perlawanan dan pencegahan secara massif terhadap tindak kejahatan yang menjadi musuh bersama masyaraat internasional ini juga menular ke daerah lain,” ujarnya, di Semarang, Jum’at (30/3).

Menurutnya, deklarasi pencegahan dan penolakan radikalise yang dilaksanakan di Hotel Pesona Semarang Rabu laku (28/3) memiliki dampak positif dalam menggugah kewaspadaan masyarakat terhadap munculnya berbagai gerakan yang mengancam keamanan dan keselamatan bangsa, tidak hanya radikal dan teror.

Selain deklarasi, lanjutnya, juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman pencegahan gerakan radikal dan teror antara KNPI Kota Semarang dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Semarang.

Kepala Dispora Kota Semarang Sri S Indarwati mengatakan kerja sama ini selain menjadi penegasan kaum muda Semarang dalam turut serta menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat dari berbagai macam ancaman, sekaligus melengkapi instrumen daerah dalam upaya mendapatkan pengakuan sebagai Kota Layak Pemuda dari Kementerian pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Pencegahan terhadap radikalisme dan terorisme merupakan salah satu aspek penting yang harus dipenuhi agar dapat pengakuan dari Kemenpora itu, apalagi tekad ini mendapat dukungan penuh dari kalangan pemuda di Semarang dan FKPT Jateng, kami akan support terus dinamika kaum muda di Semarang” tutur Indarwati.

Ketua KNPI Kota Semarang, Chaerul Awaludin mengatakan meningatkan gairah anak-anak muda Semarang dalam berbagai macam aktivitas yang positif dengan sendirinya akan mempersempit gerakan radikal dan teror, karena dengan tingginya kesadaran pemuda dalam berbangsa dan bernegara tidak akan mudah disusupi ideologi radikal teror .

Namun demikian, lanjutnya, kondisi yang sudah kondusif ini jangan sampai menjadikan masyarakat kota Semarang lengah. Kewaspadaan dini untuk mencegah munculnya hal-hal yang negatif di masyarakat terus dipertahankan.(smh).

* Artikel ini telah dibaca 115 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *