Home > HEADLINE > UPGRIS- DMMMSU Filipina Jalin Kerja Sama Di Bidang Penelitian

UPGRIS- DMMMSU Filipina Jalin Kerja Sama Di Bidang Penelitian

SEMARANG[Kampusnesia] – Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) menjalin kerja sama dengan Don Mariano Marcos Memorial State University (DMMMSU) Filipina, di bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan pertukaran praktikum mengajar.

Penandatanganan kerja sama kedua universitas itu dilakukan oleh Kepala Kantor Urusan Internasional UPGRIS Dr Nur Hidayat MHum dan Rektor DMMMSU Prof Benyamin P Sapitula PhD, di Filipina, beberapa waktu lalu.

“Memorandum of Understanding (MoU) ini mengawali kerja sama UPGRIS dan DMMMSU dalam bidang penelitian, pengabdian masyarakat, pertukaran praktikum mengajar hingga seminar Internasional,” ujarnya di  Semarang.

Menurutnya, kerja sama tersebut meliputi rencana tukar menukar peneliti, kolaborasi konferensi internasional dan publikasi bersama, termasuk kerja sama dalam hal penelitian.

Dia mencontohkan penggunaan bahasa lokal di Filipina yang hampir mirip, dengan bahasa Jawa serta Sunda. Bahkan di negara tersebut, selain bahasa Inggris dan Tagalog, sebagai bahasa resmi nasional, ada juga bahasa daerah masyarakat, yang pelafalan dan artinya mirip dengan bahasa Jawa dan Sunda di Indonesia.

“’Ini tentu menarik untuk diteliti bersama, antara peneliti UPGRIS dan DMMMSU,” tuturnya.

UPGRIS, dia menambahkan akan terus melakukan penjajakan kerja sama dengan berbagai lembaga, baik dalam dan luar negeri, untuk meningkatkan kualitas lulusan, di tengah persaingan global saat ini serta tuntutan terhadap kompetensi lulusan juga semakin tinggi. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 214 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *