Home > HEADLINE > MUKISI Gelar Pameran Dan Konferensi Potensi Kesehatan Islam Internasional Di Jakarta

MUKISI Gelar Pameran Dan Konferensi Potensi Kesehatan Islam Internasional Di Jakarta

SEMARANG[Kampusnesia] – Majlis Upaya Kesehatan Islam Seluruh Indonesia (MUKISI) , organisasi yang menghimpun  Rumah Sakit Islam (RSI) se-Indonesia akan menyelenggarakan Konferensi dan Pameran Potensi Kesehatan Islam tigkat Internasional atau International Islamic Healthchare Conference and Expo (IHEX)  2018, di Jakarta Concention Center (JCC) .

Ketua Umum MUKISI Dr H Masyhudi AM, M.Kes mengtakan perhelatan besar ini akan berlangsung selama tiga hari mulai Selasa-Kamis (10-12/4). Kegiatan ini sebagai upaya untuk membangkitkan spirit rumah sakit-rumah sakit anggota MUKISI, agar segera menerapkan sistim syariah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

IHEX 2018 tidak hanya diikuti para pengelola RSI di Indonesia tetapi juga diikuti rumah-rumah sakit dari mancanegara seperti Malaysia, Thailand, Singapura, Taiwan dan lainnya. Bahkan akan ikut hadir pula para pihak yang menjadi instrumen pengembangan rumah-rumah sakit,” ujar Mashudi yang juga Dirut RSI Sultan Agung Semarang, di Semarang, Senin (9/4).

Menurutnya, rangkaian kegiatan  IHEX 2018 meliputi seminar, workshop dan ekspo atau pameran  berbagai hal yang mendukung terselenggaranya rumah sakit berbasis pelayanan syariah.

Event ini, lanjutnya, sekaligus menjadi ajang silaturahmi atau pertemuaan kalangan praktisi, akademisi, peneliti, pelaku bisnisdan seluruh stakeholder yang terkait dengan berbagai instrumen pendukung imlplementasi nilai-nilai syariah dalam mengelola rumah sakit, khususunya RSI.

Dia menuturkan untuk menerapkan sistim syariah di lingkungan rumah sakit, khususnya RSI tidak semudah dan sesederhana yang dibayangkan, terutama yang terkait dengan produk dan jasa halal yang harus melekat pada RS syariah.

Justru hal  ini, dia menambahkan yang  menjadi tantangn bagi pengelola RSI untuk tiada henti berinovasi dan berkreasi, tetapi tetap dalam bingkai nilai-nilai syariah. Ini sekaligus menjadi terobosan gerakan dakwah Islam melalui jalur pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Ageda seminar rumah sakit syariah akan mendiskusikan tentang peran rumah sakit syariah dalam mengkonsolidasikan potensi umat dalam skala nasional maupun Interasional, sedang agenda workshop rumah sakit syariah akan digelar tukar pikiran antar berbagai pihak yang mengungkap pengalaman dalam menyiapkan rumah sakit untuk mendapatkan sertifikasi rumah sakit syariah.

Sementara pameran Islamic Healthcare & Halal Productsakan menampilkan alat-alat kesehatan, obat dan industri yang relevan dengan pelayanan kesehatan  dan produk halal berasal dari dalam maupun kuar negeri. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 237 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *