Home > HEADLINE > Unnes Rintis Pendirian UKM Duta Damai Cegah Radikalisme Dan Terorisme

Unnes Rintis Pendirian UKM Duta Damai Cegah Radikalisme Dan Terorisme

SEMARANG[Kampusnesia] –  Universitas Negeri Semarang (Unnes) merintis pendirian Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Duta Damai, untuk membentengi mahasiswanya agar tidak mudah terpengaruh paham radikalisme dan terorisme yang kini mengincar  kalangan muda intelektual menjadi sasaran  utamanya.

Wakil Dekan  Fakultas Teknik (Bidang Kemahasiswaan) Unnes  Dr Wirawan Sumbodo MT mengatakan kalangan mahasiswa PTN  saat ini memang menjadi sasaran bidik rekrutmen kader radikal dan teror. Berbagai upaya telah dilakukan namun untuk semakin memberdayakan  mahasiswa agar memiliki daya tangkal yang lebih kuat perlu ada UKM yang khusus untuk itu.

“Kerja-kerja  penguatan ideologi mahasiswa agar tidak mudah terpengaruh oleh ideologi radikal teror  perlu terus ditingkatkan melalui berbagai cara, kami akan rintis UKM Duta Damai  untuk mewadahi dan mengembangkan potensi mahasiswa dalam melawan ideologi radikal teror,” ujarnya saat membuka seminar Medsosku Masa Depanku yang diselenggarkan Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional Jateng di ruang pertemuan Dekanat Fakultas Unnes,  Selasa (17/4).

Menurutnya, gagasan untuk mendirikan UKM Duta Damai muncul sejak lama, terutama ketika beberapa waktu lalu sering menyaksikan anak-anak muda terlibat dalam tindak kejahatan radikal teror di berbagai daerah melalui pemberitaan media massa.

Semula yang terlibat adalah anak-anak muda yang sangat minim pengetahuan dan penguasaan ilmunya, namun belakangan tidak sedikit kalangan terdidik yang terseret ke tindak kejahatan kemanusiaan luar biasa itu.

Ditambah lagi dengan seringnya ada kegiatan pencegahan terorisme  baik berbentuk seminar, dialog , workshop dan sebagainya di lingkungan kampus Unnes dengan menghadirkan nara sumber  yang kompeten ternasuk dari BNPT dan FKPT Jateng, pimpinan Unnes terketuk hatinya untuk membuat wadah  penguatan pencegahan radikal teror di lingkungan mahasiswa.

Apalagi, lanjutnya, para pegiat Duta Damai BNPT Regional Jateng yang aktif  mewarnai dunia maya dengan pesan-pesan damai untuk mengimbangi  konten-konten radikal   sebagian mahasiswa Unnes,hal mini semakin memotivasi pendirian  UKM Duta Damai, jika  lembaga  ini sudah disahkan maka di Unnes nanti akan terdapat 54 UKM.

Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Brigjen Pol Ir Hamli, ME menyambut gembira atas prakarsa Unnes yang akan menambah UKM baru, untuk penguatan mahasiswa dalam mencegah radikal teror di kampus.

“Kami sangat mengapresiasi, silahkan nama Duta Damai dipakai, kami senang sekali. Ini akan semakin menambah semangat kami, bahkan seluruh rakyat Indonesia untuk menutup rapat-rapat  agar ideologi radikal teror tidak bisa menyelinap ke kampus,”  ujar Hamli. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 63 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *