Home > HEADLINE > Kota Semarang Peroleh Predikat Best Smart Living City

Kota Semarang Peroleh Predikat Best Smart Living City

SEMARANG[Kampusnesia] – Kota Semarang lagi-lagi memperoleh penghargaan,  kali ini meraih predikat sebagai “Best Smart Living City” dan “Best Smart Economy City” dalam nominasi ajang Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan itu, bersamaan dengan Hari Jadi Kota Semarang Ke-471.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Wali Kota Semarang yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Semarang Nana Storada.

Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi menuturkan penghargaan tersebut menjadi motivasi bagi seluruh jajaran dan masyarakat Kota Semarang agar semakin menguatkan konsep “smart city” yang kini dijafikan pilot project sejumlah kota lainnya.

“Implementasi `smart city` yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam segala hal yang diharapkan mampu mewujudkan kemudahan dan kesejahteraan bagi masyarakat di Ibukoa Jateng ini,” ujar Hendi.

ISNA 2018 merupakan yang kali ketiga diselenggarakan Citiasia Inc yang berawaldari semangat mengampanyekan praktik pintar (smart) dalam pelaksanaan proses pembangunan di Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan kepada daerah-daerah dengan pencapaian terbaik dalam pengimplementasian “smart city” sesuai dengan bidang kerja yang dikembangkan Citiasia Inc.

Terdapat beberapa tahapan, lanjuitnya, yang dilaksanakan untuk penilaian ajang ini, selain proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang `smart city`.

Menurutnya, penghargaan yang diraih Kota Semarang dalam ISNA 2018 itu sangat membanggakan, karena menggunakan berbagai parameter dari data capaian pembangunan sejak 2014-2017.

“Dengan melibatkan pula data hasil investigasi terhadap `exposure` seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional,” tutur Hendia.

Penghargaan yang didapatkan itu, dia menambahkan diharapkan  tidak lantas membuat semangat yang sudah dimiliki menjadi berkurang, melainkan justru semakin dapat meningkatkan apa yang sudah dicapai.

“Penghargaan ini menjadi kado istimewa bagi ulang tahun Kota Semarang, sekaligus motivasi bagi seluruhnya untuk memperkuat dan meningkatkan semangat mewujudkan Semarang sebagai `smart city`,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 118 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *