Home > EKONOMI & BISNIS > PLN Resmikan Penambahan Daya Listrik 5.540 KVA Di Bandara A Yani

PLN Resmikan Penambahan Daya Listrik 5.540 KVA Di Bandara A Yani

SEMARANG[Kampusnesia] – PLN telah merealisasikan penambahan fasilitas jaringan listrik dan pasokan daya sebesar 5.500 KVA untuk memenuhi kebutuhan listrik di Bandara Ahmad Yani Semarang, menyusul pembangunan proyek perluasan bandara Internasional itu hampir rampung.

Manajer PLN Area Semarang, Donny Adriansyah mengatakan PLN telah meresmikan penyalaan jaringan listrik premium bersama PT Angakasa Pura 1 (Persero) untuk menambah pasokan daya sebesar 5.55 KVa hingga menjadi 6.600 kVA, dari sebelumnya hanya 1.100 kVa.

“Penambahanan pasokan daya listrik itu, sebagai komitmen PLN dalam mendukung infrastruktur di wilayahnya. Proses penyambungan listrik ini dilaksanakan oleh PLN Area Semarang bersama dengan PLN Rayon Semarang Barat,”ujarnya.

Selain penyediaan daya listrik untuk terminal baru bandara A Yani sebesar 5.540 KVA, PLN juga melakukan penyalaan listrik untuk Perum LPPNPI dengan daya 240 kVA.

Menurutnya, terminal baru tersebut membutuhkan suplai daya listrik untuk menunjang operasional. PLN berkomitmen memberikan pasokan listrik dengan tingkat keandalan yang tinggi di Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Bahkan, dia menambahkan PLN juga telah menyediakan dua penyulang untuk menyuplai listrik ke Bandara A Yani,sebagai upaya untuk mengatasi jika terjadi gangguan di salah satu penyulang, sehingga penyulang cadangan segera menggantikan menyuplai listrik itu.

Dua Gardu Induk itu, tutur  Donny, dapat meminimalisir gangguan listrik di bandara sebagai objek vital dan infrastruktur yang melayani masayarakat penumpang, sehingga jika terjadi gangguan pada saah satu gardu, dapat perpindahan aliran listrik secara otomatis dengan cepat hanya dalam waktu lima detik ke gardu yang normal.

“Layanan listrik ke bandara termasuk kategori premium, sehingga perlu banyak strategi untuk menjaga keandalan listriknya, sekaligus mewujudkan dukungan PLN dalam perluasan bandara Internasional itu,” ujarnya

Dia menuturkan misi PLN di antaranya mengupayakan agar tenaga listrik menjadi penunjang kegiatan ekonomi, sehingga jaringan listrik siap berkontribusi dalam menyediakan pasokan daya listrik, baik untuk kegiatan pembangunan infrastruktur maupun pemenuhan kebutuhan listrik untuk UMKM dan rumah tangga. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 184 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *