Home > HEADLINE > Indonesia – Tiongkok Promosikan Asian Games 2018

Indonesia – Tiongkok Promosikan Asian Games 2018

BOGOR[Kampusnesia] – Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Le Kiqiang disela kunjungan bilateralnya ke Indonesia menyempatkan ikut serta mempromosikan agenda pesta olah raga akbar bangsa-bangsa Asia, Asien Games 2018 yang akan berlangsung seru di Indonesia Agustus mendatang.

Deputi Bidang Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam siaran persnya , mengatakan seusai melakukan pertemuan bilateral di Istana kepresidenan Bogor, Senin (7/5) Presiden Indonesia Ir Joko Widodo (Jokowi) bersama PM Tiongkok memberikan pernyataan bersama tentang rencana pelaksanaan Asian Games 2018.

Jokowi mengapresiasi dukungan dan partisipasi RRT dalam penyelenggaraan Asian Games mendatang, sekaligus mengajak kepada seluruh negara-negara peserta pesta olahraga terakbar bangsa-bangsa di kawasan benua Asia ini untuk menjadikan agenda ini sebagai sarana untuk memperkukuh persaudaraan dan persahabatan.

“Marilah kita jadikan Asian Games ini tidak hanya ajang perhelatan olahraga, namun juga sebagai energi Asia untuk perdamaian dan persahabatan kita, “ ujar Jokowi.

Sementara, PM Li Keqiang mendoakan agar penyelenggaraan Asian Games di Indonesia Agustus mendatang bisa berjalan dengan baik dan sukses.

Usai menyampaikan pernyataan bersama, Jokowi menyerahkan tiga maskot Asian Games 2018 kepada PM Li. Ketiga maskot meliputi Bhin Bhin, Atung dan Kaka.

Ketiganya merupakan cerminan dari tiga energy atau kekuatan berbeda yang semuanya beradu menjadi satu ajang dalam pesta olahraga tertinggi se-Asia.

Bhin Bhin adalah seekor burung cendrawasih yang merepresentasikan langkah strategis yang dalam perwujudannya sebagai maskot Asian Games mengenakan rompi dengan motif Asmat khas Papua.

Sedangkan Atung adalah seekor rusa Bawean yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. Adapun Kaka , adalah binatang badak bercula yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang Sumsel.

Dalam momentum itu, PM Li menyerahkan Kaka yang berarti kekuatan kepada Jokowi yang pada saat bersamaan Jokowi yang tengah memegang Bhin Bhin di tangan kirinya.

Setelah itu, Jokowi memberikan maskot Atung yang berarti kecepatan kepada PM Li untuk kemudian berfoto bersama.

“Sekarang kita mengangkat simbul maskot Asian Games ini dengan harapan agenda kegiatan olahraga ini bisa berjakan sukses ,” tutur PM Li. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 86 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *