Home > HEADLINE > Undip Berhasil Sabet Juara Nasional Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa 2018

Undip Berhasil Sabet Juara Nasional Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa 2018

SEMARANG[Kampusnesia] – Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meraih juara nasional dalam Kompetisi Debat Konstitusi Mahasiswa antar Perguruan Tinggi se-Indonesia 2018 di Pusdik Pancasila dan Konstitusi, Cisarua Bogor.

Perguruan negeri yang berbasis di Semarang itu  diwakili Nimas Ayu Leony Sondang Suryani dan Asti Sandra Firmanti berhasil mengalahkan kompetitornya dari UGM Yogyakarta, UNTAR dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dekan Fakultas Hukum Prof Retno Saraswati mengapresiasi atas prestasi mahasiswa hukum yang mewakili Undip dan diharapkan prestasinya dapat dipertahankan dan menular pada angkatan-angkatan selanjutnya.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan dalam kompetisi debat nasional di tahun-tahun  mendatang,” ujar Guru Besar Hukum Tata Negaraitu, Kamis (17/5).

Ajang kompetisi debat ini digelar oleh Mahkamah Konstitusi sejak Maret lalu. Waktu yang panjang tersebut dimulai dari pelaksanaan Tahap Eliminasi, Tahap Regional dan Tahap Nasional. Undip menjadi salah satu PTN dari total 161 PTN dan PTS yang kemudian tersaring dalam 72 perguruan tinggi ke babak regional.

Retno menuturkan dalam babak ini terbagi menjadi 3 regional meliputi Barat, Tengah dan Timur sesuai dengan kewilayahan Indonesia. Masing-masing regional diikuti oleh 24 perguruan tinggi, yang kemudian diambil 8 perguruan tinggi terbaik masing-masing regional untuk maju ke babak Nasional.

“Kompetisi debat konstitusi ini paling prestige di Indonesia. Sebab bukan hal yang mudah untuk tetap survive dan melaju di setiap tahapannya. Kompetitornya pun lur biasa kompetensinya,” tuturnya.

Menurutnya, tahun sebelumnya Undip juga mengikuti kompetisi ini, namun gagal di tahap Regional. Dari kegagalan tersebut, Undip hanya mampu membawa pulang piala juara 2 untuk wilayah Regional tengah.

Dari ajang ini, dia menambahkan muncul tekad keras bersama tim dan belajar dari pengalaman kekalahannya sebelumnya, yang akhirnya berhasil menyabet juara 1 dan membawa pulang piala bergilir tersebut ke pangkuan Undip.

“Saya rasa, hasil tidak pernah mengkhianati proses. Segala perjuangan kami dan itikad baik kami akhirnya membuahkan hasil yang membahagiakan kami dan almamater Undip,” ujar Nimas. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 210 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *