Home > HEADLINE > PUPR Alokasikan Tambahan Dana Untuk Revitalisasi Penataan Kota Lama

PUPR Alokasikan Tambahan Dana Untuk Revitalisasi Penataan Kota Lama

SEMARANG [Kampusnesia] –  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) RI siap memberikan penambahan dana revitalisasi penataan kawasan wisata Kota Lama Seamarang sebesar Rp 30 miliar dari APBN.

Anggaran sebesar itu, akan sialokasikan untuk pembangunan pertamanan di kawasan Kota Lama yang diproyeksi rampung pada akhir Desember mendatang.

Sebelumnya, Kementerian PUPR telah mengucurkan dana revitalisasi penataan kawasan Kota Lama senilai Rp156,372 miliar, yang digunkan untuk peningkatan jalan serta pedestarian (street furniture), perbaikan saluran drainase, rutinitas, kolam retensi dan landscape di kawasan Kota Lama.

Dari dana sebesart itu, Rp50 miliar di antaranya untuk ducting atau sistem penanaman kabel listrik dan jaringan lainnya di kawasan tersebut. Kawasan Kota Lama ini ke depan akan menjadi kawasan heritage.

Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono mengatakan kawasan ini perlu dikembangkan lebih baik lagi, sehingga dengan adanya perbaikan itu diharapkan dapat meningkatkan perekonomian melalui kegiatan wisata di Kota Lama.

Penataan kawasan Kota Lama, lanjutnya, juga diharapkan para wisaytawan yang hendak ke Semarang tak perlu lagi harus pergi ke Borobudur maupun Karimun Jawa, tapi cukup ke Kota Lama.

“Dana revitalisasi ini untuk penataan kawasan di Kota Lama, bukan gedung-gedungnya. Namun diharapkan ke depan dapat memberikan rasa nyaman bagi kegiatan masyarakat seperti car free day (CFD), kuliner, dan aktivitas-aktivitas budaya di Kota Lama lainnya,” ujarnya  saat melakukan kunjungan ke kawasan revitalisasi Kota Lama di Jalan Sayangan, Purwodiningratan, Minggu (27/5).

Menurutnya, pengerjaan secara keseluruhan kini mencapai 11,37% dengan masa pengerjaan selama 223 hari kalender dan diutamakan untuk menata utilitas PDAM, kabel PLN, kabel Telkom dan jaringan lainnya yang masih semrawut dengan sistem penanaman kabel. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 61 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *