Home > HEADLINE > Sekolah Nasima Gelar Pesantren Persaudaraan Di Ponpes Al Hikmah 2 Sirampog Brebes

Sekolah Nasima Gelar Pesantren Persaudaraan Di Ponpes Al Hikmah 2 Sirampog Brebes

BREBES[Kampusnesia] – Wajah Ardian berbinar sumringah. Tangannya cekatan memilih ikan-ikan patin indukan yang akan dipindahnya ke kolam pemidahan.

Dia bersama puluhan teman-teman satu kelasnya tak kenal lelah berpeluh di sore itu. Haus dahaga tak begitu dirisaukannya lagi. Berganti dengan kesenangan karena mendapat pengalaman baru.

Ardian salah satu dari 157 siswa SMP-SMA Nasima Semarang yang tengah mengikuti Pesantren Persaudaran di Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Sirampog Brebes.

Sore itu, dia dan teman-temannya tengah mengikuti salah satu materi life skill budidaya perikanan. Kegiatan ini dilakukan selama sepuluh hari, mulai 27 Mei sampai 5 Juni 2018.

Pembina YPI Nasima K.H. Hanief Ismail Lc saat mengantar rombongan mengatakan pelaksanaan Pesantren Persaudaraan Sekolah Nasima di Ponpes Al Hikmah 2 Sirampog Brebes sudah berlangsung hampir satu dekade.

Kegiatan ini, lanjutnya, sudah terbukti telah mampu membentuk generasi yang tidak hanya memiliki karakter nasionalis, tetapi juga berahlakul karimah.

“Dengan anak-anak nyantri di sini, maka mereka akan berbaur dengan para santri dan merasakan kehidupan nyata di pondok pesantren. Ini merupakan hal positif dan insya Allah akan memberikan bekal mendalam terutama tentang pengetahuan agama bagi siswa,” ujar pengasuh Ponpes Annasimiyah itu.

Program kegiatan dalam Pesantren Ramadhan ini disusun sedemikian rupa dengan mengadaptasi tradisi pesantren. Kegiatan utamanya adalah penananaman nilai ibadah dan nilai keterampilan (lifeskill). Selain ibadah wajib dan sunah, dalam kegiatan tersebut anak-anak juga mengikuti rutin tadarus Al Qur’an, kajian Fiqih dengan mempelajari kitab kuning
Berbagai Materi lifeskill juga diberikan seperti budidaya perikanan, pertanian, tata busana, lukis, hadroh, qiro, kaligrafi, dan tari.

Seperti budidaya perikanan siswa belajar mengenai persiapan kolam, pembibitan dan perawatan.
Siswa yang memilih keterampilan pertanian diajak memahami dan mempelajari teknik pertanian hingga penjualan hasil pertanian, sedangkan siswa putri yang memilih life skill tata busana, mereka dibekali keterampilan membuat hantaran dan parsel. Ada juga Hadroh, Qiro’ dan seni kaligrafi.

Bagus Torodipo salah satu siswa Kelas VIII SMP Nasima menuturkan sangat senang mengikuti kegiatan pesantren di PP Al Hikmah Brebes. Menurutnya, dengan kegiatan pesantren persaudaraan dapat banyak pengalaman dan keterampilan berharga dan bermanfaat.

“Seru banget, bisa ikut kegiatan pesantren di Al Hikmah 2 ini. Disini aku ikut life skill pertanian, aku belajar teknik pertanian, pemanenan, hingga penjualan. Semua kegiatannya bermanfaat. Ini pengalaman pertama yang menarik bagi saya. Tidak hanya belajar teori, namun juag belajar bisa langsung praktik,” tutur Bagus.

Pesantren Ramadhan Nasima merupakan program unggulan dan agenda rutin yang diselenggarakan di semua unit baik SD,SMP, maupun SMA. Bagi kelas atas, mulai Kelas VI SD, Kelas VII dan IX SMP, dan Kelas X serta XI SMA, mereka melaksanakan kegiatan penuh dan menginap di sekolah.

Sedangkan untuk kelas rendah Kelas IV-V, anak-anak menginap selama dua hari di sekolah. (Yuniara/Din)

* Artikel ini telah dibaca 710 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *