Home > HEADLINE > Kemiskinan Dan Pendidikan Terbelakang Picu Tumbuhnya Radikalisme DanTerorisme

Kemiskinan Dan Pendidikan Terbelakang Picu Tumbuhnya Radikalisme DanTerorisme

SEMARANG[Kampusnesia] – Faktor kemiskinan dan keterbelakangan pendidikan berpotensi menjadi pemicu tunbuhnya gerakan intoletransi dan terorisme di tengah-tengah masyarakat yang kian dinamis ini.

Ketua Bidang Penelitian dan Kajian Forum Koordinasi PencegahanTerorisme (FKPT) Jateng, Dr Syamsul Ma’arif, M.Ag mengatakan selain kedua factor itu masih ada yang lain, di antaranya budaya, politik, sosial dan masih rendahnya faktor peradaban.

“Oleh karena itu berbagai ketimpangan seperti itu harus segera diakhiri. Potensi dan energi supaya diarahkan untuk pengelola perjalanan pendidikan anak-anak kita, bukan yang lain,” ujar Syamsul disela Diskusi PenangananTerorisme di Indonesia Ditinjau Dari Perspektif Hukum Formil,Hukum Materiil dan Penerapannya, di Aula Universitas Diponegoto (Undip) Semarang, akhir pekan lalu.

Menurutnya, akar persoalan teroris memang harus segera dicari dan secepatnya diatasi. Sebab kalau tidak , maka letupan-letupan berbagai bidang yang pada awalnya kecil bias berkembang dan tumbuh pesat.

Letupan kecil, menurutnya, jika tidak segera dikendalikan maka dikhawatirkan akan disalurkan melalui pintu elemen lain yang  pada akhirnya sulit dikontrol. Oleh karena itu pemerintah bersama masyarakat Indonesia harus bergandengan erat menghadang ekspansi-ekspansi ideologi transnasional yang sepertinya mendapatkan momentum bagus untuk saat ini.

Dia menambahkan, selain bergandengan tangan untuk terus bekerja sama juga harus disertai langkah-langkah penegakan hukum, sebab kalau hukum sudah tidak memiliki wibawa  dikhawatirkan lama kelamaan akan mengganggu kedaulatan Negara,singgasana Gubernur Jateng akan runtuh. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 178 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *