Home > EKONOMI & BISNIS > Arus Kendaraan Pemudik Mulai Padati Jalur Pantura Semarang

Arus Kendaraan Pemudik Mulai Padati Jalur Pantura Semarang

SEMARANG[Kampusneia] – Arus kendaraan pemudik mulai terlihat memadai jalur Pantura Semarang pada H-7 menjelang Lebaran, hingga kendaraan yang masuk pintu Tol Manyaran meningkat.

Pada Sabtu malam (9/6) tercatat sebanyak 35.000 lebih kendaraan telah memasuki pintu ruas Tol Manyaran Semarang.

Johannes Mancelly, General Manager PT Jasa Marga Semarang mengatakan kendaraan pemudik yang masuk tol Manyaran sejak Jumat malam hingga Sabtu tercatat sudah lebih 35.000 unit kendaraan.

Menurutnya, jalur sebaliknya atau yang keluar dari pintu tol Manyaran tercatat relatif masih rendah hanya 26.431 kendaraan.

Dibanding hari biasa, lanjutnya, volume kendaraan  digerbang Manyaran terdapat peningkatan untuk jalur masuk rata rata 20.800 kendaraan, mengalami peningkatan 71%. Sedangkan untuk yang jalur keluar ada peningkatan 9.600 atau 55%.

“Diperkirakan lonjakan atau puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 menjelang Lebaran dengan perkiraan volume kendaraan mencapai 40.000 unit, mengingat pemerintah telah memberlakukan cuti bersama,” ujarnya.

Sementara arus mudik dengan menggunakan kereta api di Stasiun Tawang Semarang, juga terlihat sudah mengalami peningkatan. Bahkan penumpang yang datang mencapai sebanyak 24 000 orang dengan didominasi penumpang dari Jakarta dan Bandung.

“Kedatangan pemudik bakal lebih banyak, karena hari ini dari Gambir memberangkatkan sekitar 8.000 penumpang setiap haru, saat ini sudah mencapai 19.000 penumpang. Sedangkan dari Pasar Senen mencapai 24.000 penumpang, sehingga lonjakan kedatangan pemudik akan terus bertambah,” ujar Dirut PT KAI Edi Sukmoro saat  peninjauan kondisi angkutan penumpang di Stasiun Tawang Jumat sore. (8/6).

Menurutnya, seluruh jajaran PT KAI telah membuka posko mudik Lebaran sejak 5-26 Juni 2108.

“Semua Daop ikut posko, untuk memastikan perjalanannya aman,” tuturnya. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 104 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *