Home > HEADLINE > Rayakan Idul Fitri Umat Islam Sayung Gelar Lomba Takbir Keliling Dan Parade Masjid Terkenal

Rayakan Idul Fitri Umat Islam Sayung Gelar Lomba Takbir Keliling Dan Parade Masjid Terkenal

DEMAK[Kampusnesia] – Menyongsong tiba hari raya Idul Fitri 1439 umat Islam menggelar berbagai kegiatan sebagai pertanda datangnya hari kemenangan setelah selama sebulan penuh berhasil menjalankan ibadah puasa. Umat Islam di Desa Loireng, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak akan mengadakan takbir keliling dan parade replika masjid terkenal di dunia.

Kepala Desa Loireng Sayung Demak, Nur Karirin mengatakan tradisi mengumandangkan takbir sambil berjalan kaki mengililingi desa sudah menjadi tradisi turun temurun di Desa ini. Bersamaan dengan mengumandangkan takbir juga diselenggarakan lomba arak-arakan atau parade dengan mengusung berbagai replika sesuai dengan tema yang ditetapkan.

“Setiap RT diwajibakan mengirimkan peserta takbir, tahun ini tema arak-arakan atau parade adalah masjid terkenal di dunia. Penanganan lomba parade diserahkan kepada Karang Taruna dan Remaja Masjid Attaqwa Loireng  Sayung,” ujar Nur Karirin di Loireng Sayung Demak, Rabu (13/6).

Menurutnya, setiap tahun tema lomba dirubah. Tahun kemarin temanya tentang transportasi, maka setiap RT dalam takbir keliling dan arak-arakan menampilkan jeenis-jenis alat transportasi. Pesertanya sesuai dengan jumlah RT yang ada sebanyak 12 RT. Dengan demikian dalam takbir keliling nanti akan ditampilkan 10 replika masjid.

Faqih Al Umam salah satu tokoh remaja di RT 02 RW 01 Desa Loireng menuturkan RT 02 yang menjadi tempat tinggalnya dalam takbir keliling dan parade masjid nanti akan menampilkan replika atau miniatur masjid kapal yang berada di Mijen Kota Semarang.

“Bangunan masjid ini tergolong baru, namun karena keunikannya mampu menyedot perhatian publik yang sangat luar biasa, tidak hanya terkenal di Semarang dan sekitarnya, tetapi sudah mendunia, sehingga masjid ini sering dikunjungi oleh masyarakat baik dalam maupun luar negeri,” ujar Faqih.

Meurutny, untuk mementukan miniatur atau replika masjid mana yang akan dibikin ditempuh melalui pembicaraan rapat remaja RT 02 RW 01 yang diputuskan RT 02 akan mengusung replika masjid Kapal dengan harapan keberadaan masjid ini yang menginspirasi pengunjung hingga dapat mendorong semangat remaja RT 02 dalam menjalankan ibadah dan berdakwah.

Takbir keliling dan parade masjid dijadwalkan akan berlangsung Kamis malam (14/6), setelah ada pengumuman datangnya hari raya Idul Fitri dari pemerintah beberapa saat setelah berakhirnya sidang istbat penentuan 1 Syawal 1439 H. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 546 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *