Home > HEADLINE > Replika Masjid Kapal Menangi Lomba Parade Masjid Terkenal Di Sayung Demak

Replika Masjid Kapal Menangi Lomba Parade Masjid Terkenal Di Sayung Demak

DEMAK[Kampusnesia] – Gema takbir keliling dan lomba parade replika masjid terkenal dalam rangka merayakan Idul Fitri 1439 di Desa Loireng Kecamatan Sayung, Kabuaten Demak berlangsung semarak. Replika masjid kapal yang diusung RT 12  dinyatakan sebagai pemenang.

Kepala Desa Loireng Sayung Demak, Nur Karirin mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu ajang aktualisasi kreatifitas pemuda Desa Loireng dalam merespon datangnya Lebaran dan berakhirnya pelaksanaan salah satu rukun Islam yakni puasa ramadlan.

“Bagi warga Loireng lomba parade masjid terkenal yang agendanya dijadikan satu dengan takbir keliling bukanlah tujuan, tapi sarana untuk meluapkan kegembiraan atas datangnya Lebaran. Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang rekreasi murah sekaligus reuni warga Desa Loireng yang merantau keluar daerah dan setiap Lebaran mereka pulang kampung,” ujar Karirin di Loireng Sayung, Kamis (14/6).

Menurutnya, meski lomba namun spirit kompetisi antara RT yang menampilkan berbagai replika masjid yang diarak keliling desa tidak nampak suasana persaingannya. Semuanya menyatu dalam satu barisan dan bersama-sama mengumandangkan kalimat takbir, tahlil dan tahmid yang menegaskan  kebesaran Allah SWT.

Selain itu, lanjutnya,  sesama warga juga berkesempatan untuk saling bersalaman dan bermaafan, sehingga momentum malam Lebaran terasa sangat indah. Ratusan warga masyarakat  yang berkumpul di masjid Attaqwa Desa Loireng mengumandangkan takbir bersama kemudian bergerak bersama mengarak 12 replika masjid keliling menyurusri jalan – jalan kampung mulai pukul 20.00 WB  hingga berakhir pukul 23.00 WIB.

Dia mengharapkan kegiatan yang positif ini tetap akan dilanjutkan pada tahun-tahun mendatang, karena manfaatnya sangat besar sekali, yakni menjadi ajang pertemuan seluruh warga dalam suasana kebersamaan dan kekompakan yang tinggi.

Daru 12 replika masjid yang dilombakan, replika masjid kapal yang diusung RT  12 ditetapkan menjadi pemenang pertama, kemudian replika masjid yang diusung  RT 8 dan RT 7 dan disusul  3 juara harapan meliputi RT 06, RT 04 serta RT 01. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 729 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *