Home > HEADLINE > Dua Obyek Wisata Andalan Purbalingga Lebaran Kedua Sedot Ribuan Wisatawan

Dua Obyek Wisata Andalan Purbalingga Lebaran Kedua Sedot Ribuan Wisatawan

PURBALINGGA[Kampusnesia] – Wisatawan dari berbagai daerah mulai membanjiri sejumlah obyek wisata di Kabupaten Purbalingga di hari Lebaran kedua, Sabtu (16/6), terutama di obyek wisata andalan Objek Wisata Air Bojongsari (Owabong) dan Goa Lawa.

Jalur menuju kedua obyek wisata itu dipadati ratusan kendaraan, yang mengakibatkan laju kendaraan merayap, bahkan antrean semakin panjang sejak pagi hingga menjelang sore hari.

“Ribuan wisatawan sudah datang sejak pagi dan sebagian besar mereka adalah pemudik yang pulang kampung, meski tidak sedikit di antaranya juga wisatawan yang datang dari berbagai kota dari Semarang, Cirebon, Kerawang, Jakarta dan Bandung,” ujar Humas Owabong Bambang Adi, Sabtu petang (16/6).

Menurutnya, Owabong sudah dipersiapkan jauh sebelum Lebaran dengan menambah dua wahana baru terdiri wahana penguji andrenalin Zipline Coaster dan wahana pemainan anak Kolam Busa.

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinparpora) Kabupaten Purbalingga Prayitno menuturkan untuk obyek wisata kawasan Goa Lawa juga telah dibenahi menjelang liburan lebaran.

“Saat liburan Lebaran tiba, kawasan itu bisa dikunjungi wisatawan, meski belum 100%. Namun paling tidak pada saat liburan Idul Fitri ini sudah bisa menerima kehadiran banyak pengunjung,” tuturnya.

Pengunjung, lanjutnya, bisa menikmati pesona di dalam goa seperti pesona budaya dan pesona koloni kelelawar. Kawasan goa juga dilengkapi lampu eksotis. Selain disediakan café untuk sekedar nongkrong bagi para pengunjung.

“Target kami selama liburan Lebaran dapat mencapai sebanyak  4 juta pengunjung yang datang ke kawasan wisata di wilayah Purbalingga,” ujar Prayitno.

Jumlah pengunjung ke Golaga pada ebaran kedua Sabtu (16/6) mencapai hampir 6.000 orang, mengalami kenaikkan yang disebabkan tampilan baru Golaga dan promosi yang gencar baik melalui media online, televisi dan media sosial (Medos).

Tampilan baru daya tarik wisata Golaga (Goa Lawa Purbalingga) membuat banyak wisatawan berdecak kagum, karena atraksi warna-warni lampu di dalam perut bumi itupun menjadi tontonan menarik wisatawan.

Hampir sebagian besar wisatawan itu melakukan foto selfi dengan latar belakang bebatuan goa yang terbentuk dari lava itu yang berwarna warni.

“Di dalam goa, kami menyajikan pesona warna bebatuan goa, pesona budaya, pesona koloni kelelawar, ruang pertemuan di dalam goa yang luas dan mampu menampung 500 orang, serta cafe di dalam goa,” tuturnya.

Salah satu pengunjung dari Jakarta, Sulistyorini (45) menuturkan bersama keluarganya yang mudik ke Batang menyempatkan untuk datang ke Goa Lawa, setelah membaca promosi Golaga yang tampil beda dan menarik itu di media online.

” Saya sebenarnya sudah pernah datang ge Goa Lawa, tapi dengan promosi yang gencar, saya semakin tertarik kembali untuk datang ke Golaga. Ternyata, betul adanya, tampilannya sangat menarik seperti goa di negeri China,” ujarnya.

Menurutnya, sangat mengkagumkan kawasan Goa Lawa saat ini yang dilengkapi dengan cafe di dalam goa. Ini cafe yang pertama di dalam goa yang pernah dijumpainya. Bahkan sajian minumannya juga enak dan harga yang ditawarkan sangat wajar. (rs)

 

 

* Artikel ini telah dibaca 305 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *