Home > HEADLINE > MUI Jateng Serukan Umat Islam Menggunakan Hak Pilih Dalam Pilgub Jateng

MUI Jateng Serukan Umat Islam Menggunakan Hak Pilih Dalam Pilgub Jateng

SEMARANG[Kampusnesia] – Majlis Ulama Indonesia Provinsi Jawa Tengah  (MUI Jateng) menyerukan kepada umat Islam di Jateng, agar mensukseskan agenda Pilgub Jateng  27 Juni mendatang dengan mengggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

Ketua Umum MUI Jateng, KH Dr Ahmad Darodji, M.Si mengatakan pesta demokrasi lima tahunan, Pilgub Jateng merupakan  bagian dari ikhtiyar, untuk membangun Jateng agar kondisinya lebih baik, sehingga  berbagai ikhtiyar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang selama ini dilakukan tanpa henti dapat segera terwujud.

“Sebagai bagian dari  proses demokratisasi, Pilgub Jateng meniscayakan adanya perbedaan pilihan di kalangan warga, namun perbedaan pilihan itu diharapkan tidak sampai mengurangi suasana kekeluargaan, persahabatan dan persaudaraan yang selama ini sudah terwujud dengan baik,” ujar kyai Darodji di Semarang, Sabtu (23/6).

Menurutnya, menggunakan  hak pilih dan memberikan dukungan kepada salah satu paslon  dalam Pilgub Jateng adalah wajib bagi umat  Islam di Jateng.

Kewajiban itu, lanjutnya,  mengacu kepada fatwa dan keputusan Ijma Ulama  MUI tahun 2009  mengenai hak pilih dalam Pemilu yang menyatakan bahwa Pemilu dalam pandangan Islam adalah upaya untuk memilih pemimpin  atau wakil yang memenuhi syarat ideal, bagi terwujudnya cita-cita bersama sesuai dengan aspirasi umat dan kepentingan bangsa.

Selain itu, dia menambahkan memilih pemimpin dalam Islam adalah kewajiban untuk menegakkan imamah dan imaroh daam kehiduoan bersama.

Dia menuturkan agar Pilgub Jateng 2018 dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas, maka MUI Jateng menyerukan agar umat Islam menolak politik uang , kampanye hitam, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian.

KH Dr Ahmad Darodji M.Si Ketua Umum MUI Jateng

Kepada pelaksana atau penyelenggara Pilgub Jateng diminta agar melaksanakan sebaik-baiknya dengan mengedepankan semangat langsung, umum, bebas, jujur dan adil sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan yang ada.

Dia mengharapkan kepada semua pihak mulai dari penyelenggara Pilgub  Jateng, Parpol pengusung Pasangan Calon (Paslon) Gubernur-Wakil Gubernur, tim sukses dan masyarakat pemilik suara  hendaknya dapat  memanfaatkan momentum pesta demokrasi ini, sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas pendidikan politik masyarakat ini dengan sebaik-baiknya. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 75 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *