Home > HEADLINE > Pemkot Semarang Luncurkan Layanan Kesehatan Ambulan Sepeda Motor Gratis

Pemkot Semarang Luncurkan Layanan Kesehatan Ambulan Sepeda Motor Gratis

SEMARANG[Kampusnesia] – Pemkot Semarang kembali melakukan inovasi layanan kesehatan, kali ini dengan menyediakan ambulan motor, dari sebelumnya telah sukses meluncurkan mobil Ambulan Hebat Si Cepat dan Ambulan Hebat Siaga gratis, untuk dapat digunakan warga.

Ambulan Hebat Sepeda Motor merupakan diversifikasi tipe armada layanan ambulan gratis yang dapat mengakses masyarakat di gang-gang sempit, yang membutuhkan.

Ambulan gratis dengan bentuk sepeda motor ini diharapkan dapat mempercepat mobilitas pelayanan kesehatan, dari sebelumnya telah meluncurkan mobi; Ambulan Hebat Si Cepat dengan bentuk Mini Bus, untuk layanan gawat darurat dan Ambulan Hebat Siaga dengan bentuk MPV untuk layanan perawatan di rumah.

Wali Kota Semarang Hendrar Priahdi mengatakan optimis jika Ambulan Hebat Sepeda Motor dapat memaksimalkan pelayanan kesehatan secara gratis, terutama untuk masuk ke wilayah yang tidak dapat diakses oleh mobil.

“Saat ini kami siapkan lima unit armada yang akan dikendarai sepasang perawat dan dokter untuk datang ke rumah-rumah arga yang membutuhkan layanan kesehatan,” ujar Handi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu, seusai mengendarai sebuah ambulan sepeda motor di kantor Kecamatan Ngaliyan, Rabu (18/7).

Hendi tidak sendiri, namun dengan ambulan motor datang berboncengan dengan seorang dokter dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, sekkaligus untuk memperkenalkan inovasi baru Pemkot dalam memberikan layanan kesehatan bagi warganya.

“Jika ambulan motor ini benar-benar bermanfaat, sudah ada dalam rencana bakal menambah jumlah armadanya sebanyak 20 lagi,” tuturnya.

Menurutnya, inisiasi membuat ambulan sepeda motor tersebut merupakan respon dari permintaan masyarakat. Setiap bulan rata-rata ada lebih dari 100 permintaan Ambulan Hebat, mengingat mobil ambulan juga mengalami kendala tidak bisa masuk ke perkampungan sempit, sehingga Pemkot mencoba menyediakan ambulan sepeda motor supaya mobilitasnya lebih leluasa.

Ambulan Hebat Sepeda Motor ini juga diharapkan dapat menjadi ujung tombak peningkatan kualitas kesehatan masyarakat di Kota Semarng, mengingat saat ini Semarang adalah salah satu kota di Indonesia dengan Angka Harapan Hidup tertinggi pada angka 77,21 tahun.

Indeks kesehatan masyarakat Kota Semarang tersebut bahkan hampir menyamai Angka Harapan Hidup masyrakat di negara maju seperti Amerika Serikat yang menurut Bank Dunia ada pada angka 78,74 tahun.

“Pendidikan dan Kesehatan memang menjadi dua issue besar yang terus kami  upayakan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Semarang,” ujar Hendi. (rs)

 

* Artikel ini telah dibaca 223 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *