Home > EKONOMI & BISNIS > Pemprov Jateng Segera Bentuk ULP Mandiri

Pemprov Jateng Segera Bentuk ULP Mandiri

SEMARANG[Kmapusnesia] – Pemprov Jateng akan membentuk Unit Layanan Pengadaan (ULP) Mandiri, sebagai upaya untuk mempersempit potensi terjadinya korupsi di bidang pengadaan dan jasa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan pengadaan barang dan jasa yang dilaksanakan dengan baik menjadi prioritas, sehingga  prinsip efisien dan efektif terus dilakukan untuk mencegah terjadinya pelanggaran dalam bentuk korupsi dan kolusi.

“Provinsi Jawa Tengah akan membentuk ULP mandiri, terstruktur setara eselon dua yang dijadwalkan akhir Juli ini rampung,” ujarnya.

Pembentukan Biro Pengadaan Barang dan Jasa atau ULP maksimal seesai 31 Juli 2018. Bakan pembentukan organisasi ini sesuai amanat Perpres 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Sekretaris Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Salustra Widya menuturkan untuk bisa melaksanakan pengadaan yang baik, memang harus ada kelembagaan tersendiri dengan SDM yang mumpuni.

Menurutnya, pembentukan lembaga pengadaan barang dan jasa yang mandiri sangat penting, mengingat nominal yang sangat besar hingga  level nasional Rp1.000 triliun yang meliputi APBN dan APBD, belum  termasuk belanja BUMN dan BUMD.

Nilai pengadaan barang dan jasa, dia menambahkan di tingkat Provinsi juga mencapai triliunan rupiah. Sesuai peaturan kelembagaan pengadaan barang dan jasa sangat penting, hinga aturannya lebih dipermudah dari sebelumnya cukup rumit..

Sementara itu, Kepala Satgas Unit Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi KPK, Misbah Taufik  mengatakan pihaknya akan mendorong agar Jawa Tengah terus memperbaiki proses pengadaan. Selama ini progres di Jawa Tengah cukup bagus dengan adanya edaran Gubernur yang mendorong semua pengadaan melalui unit pengadaan barang. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 88 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *