Home > EKONOMI & BISNIS > Smart Card Uji Kir Kendaraan Bakal Diberlakukan Mulai 2019

Smart Card Uji Kir Kendaraan Bakal Diberlakukan Mulai 2019

KUDUS[Kampusnesia] – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memberlakukan Smart Card Uji Kir Kendaraan pada 2019 mendatang, sebagai upaya untuk menghindari terjadinya pemalsuan buku kir.

Selain itu, Smart Card Uji Kir Kendaraan memiliki banyak manfaat terkait data kendaraan dan identitas pemilik, sekaligus untuk menghindari buku kir palsu.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan banyak manfaat yang akan diterima bagi masyarakat yang memiliki Smart Card uji kir.

Menurutnya, kartu tersebut ke depan bakal tercantum data kendaraan dan identitas pemilik.

“Selain itu, yang terpenting dapat menghindari adanya buku kir palsu. Adanya smart card, saya menjamin kecil kemungkinan terjadinya pemalsuan buku kir,” ujarnya saat berkunjug di perusahaan Pura Barutama, Kudus, Jumat ( 20/7).

Dalam program Smart Card, tutur Budi, pemenang tender material Smart Card Uji Kir adalah PT Pura Barutama.

“Rencananya, PT Pura Barutama akan memproduksi sebanyak 1.511.000 Smard Card yang n didistribusikan ke seluruh Indonesia,” tutur Budi.

Menurutnya, kemenhub akan mendorong dinas perhubungan di daerah agar segera melakukan perbaikan, baik prasarana maupun sumber daya manusia (SDM) dalam pelayanan uji kir kendaraan.

“Langkah itu harus dilakukan untuk menyongsong program smart card yang akan dilakukan tahun depan,” ujarnya.

Namun, dia menambahkan jika nantinya dalam realisasinya terdapat daerah yang masih belum melengkapi ketentuan kementerian, pihaknya tidak akan mendistribusikan smart card ke daerah tersebut.

“Jika pemdanya lamban dalam mengikuti kebijakan yang diterbitkan, karena hanya berpikir Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja, tanpa berinvestasi untuk alat inovasi (uji kir) ya saya tinggalkan,” tutuir Budi. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 94 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *