Home > EKONOMI & BISNIS > Tunggakan PKB Di Kota Semarang Capai Rp131Miliar

Tunggakan PKB Di Kota Semarang Capai Rp131Miliar

SEMARANG[Kampusnesia] – Tunggakan pembayaran pajak kendaraan bermotor  di wilayah Kota Semarang  cukup besar hingga periode 30 Juni lalu mencapai Rp131 miliar, meski Semarang tercatat sebagai kota yang memberikan kontribusi pendapatan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) paling besar 17% di Jateng.

Kepala Bada Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jateng Ihwan Sudrajat mengatakan tunggakan sebasar itu cukup tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya, bahkan diperkirakan memungkinan dapat membekak mencapai Rp260 miliar hingga Desmenber mendatang.

“Tunggakan itu, memungkinan bisa melonjak, jika Pemkot Semarang tidak melakukan upaya dengan berbagai langah strategi untuk  meningkatkan kontribusi pendapatan PKB dan sekaligus menekan angka tunggakan tersebut,” ujarnya, Kamis (36/7).

Menurutnya, langkah bisa diakukan dengan keterlibatan Camat dan Lurah yang dinilai  sangat efektif untuk merangsang supaya masyarakat mau membayar, meski kedua pejabat desa itu bakal bertambah jam kerjanya.

Sementara itu Sekda Kota Semarang Agus Riyanto menuturkan melalui Camat atau Lurah untuk menjarin wajib kendaraan bermotor memang cukup efektif, bahkan pemerintah lebih mudah memantau dan mendapatkan tunggakan-tunggakan PKB.

Kota Semarang, lanjutnya, membutuhkan pendapatan sebanyak mungkin, meskipun targetnya  tahun ini mencapai sebesar Rp585 miliar.

“Paling tidak target itu bisa terlampui dan kami siap membuat perintah tugas kepada Camat dan Lurah untuk ikut membantu penjarigan PKB, ” tuturnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 39 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *