Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > Tim KKN Unnes Kembangkan Munding Jadi Desa Wisata Alam Dan Religi

Tim KKN Unnes Kembangkan Munding Jadi Desa Wisata Alam Dan Religi

UNGARAN[Kampusnesia] – Pusat Pengembangan Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui tim KKN mulai mengembangkan Desa Munding, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang untuk dijadikan desa wisata.

Langkah itu dialkukan mengingat desa tersebut dinilai memiliki potensi wisata alam dan religi yang bisa dijual dan dapat menyedot kunjungan para wisatawan.

Ketua Tim KKN PPM Desa Munding Burhan Rubai Wijaya mengungkapkan salah satu program yang diangkat pada tahap pertama merupakan wisata pemandangan alam dan pertanian. Sarana yang dibangun di antaranya pembayaran loket dan pembangunan spot selfie.

“Pembangunan tersebut dilakukan gotong royong oleh Tim KKN bersama dengan warga setempat selama dua minggu, yang diharapkan dengan adanya pembangunan fasilitas tersebut akan menciptakan desa yang lebih mandiri lagi,” ujar Burhan.

Dari sisi pemberdayaan ekonomi masyarakat, lanjutmya, di antaranya dengan memberikan pelatihan inovasi produk, salah satunya tentang pembuatan kripik onclang. Produk makanan ini ke depan diharapkan bisa dipasarkan untuk wisatawan dan menjadi makanan khas desa setempat.

‘Program yang dijalankan oleh tim KKN itu dia mnambahan selaras dengan rencana mewujudkan Desa Munding menjadi desa wisata yang mandiri, dengan langkah melaksanakan sosialisasi kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis).

Dalam program ini, menurutnya, Unnes menerjunkan mahasiswa sebanyak 19 orang dari berbagai fakultas. Tim ini akan menjalankan program kerja yang telah disusun bersama antara pihak Tim KKN dengan pemerintahan Desa Munding.

Dia menturkan dengan adanya Pokdarwis diharapkan dapat menjadi penggerak bagi masayarakat di desa tersebut, karena jika semua elemen masyarakat mendukung maka tujuan untuk menjadi desa wisata andalan Kabupaten Semarang bisa lebih cepat terwujud. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 116 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *