Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > 14 Mahasiswa Mulai Ikuti Latihan Perdana UKM Karate STIKOM Semarang

14 Mahasiswa Mulai Ikuti Latihan Perdana UKM Karate STIKOM Semarang

SEMARANG[Kampusnesia] – Sebanyak 14 mahasiswa mulai ikuti latihan perdana Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karate Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang di Aula Kampus Kerakyatan, Jln. Woltermonginsidi no. 119 Semarang, akhir pekan lalu.

Mahasiswa STIKOM sebanyak itu, terdiri lima karateka sabuk kuning dan selebihnya sembila karateka yang merupakan peserta anggota baru UKM Karate perguruan tinggi itu, yang dilatih oleh Sinpe Bambang Kelik penyandang DAN 3.

Latihan diawali dengan tradisi sumpah karate yang menyatakan sanggup memelihara kepribadian, sanggup patuh pada kejujuran, sanggup mempertinggi prestasi, sanggup menjaga sopan santun, dan sanggup menguasai diri.

Sumpah karate dan pemanasan dipimpin oleh karateka Riyan. Pemanasan digunakan untuk mengedorkan otot-otot guna menghindari terjadi kram atau cidera lainnya saat latihan berlangsung.

Pemanasan paling ditonjolkan pada split atau bagian kaki agar menghasilkan tendangan yang bagus dan kuat.

Latihan perdana ini, bagi karateka baru dilatih kuda-kuda dasar seperti Hachiji-Dachi ( Kaki dibuka selebar bahu), dasar-dasar pukulan seperti Oi-Zuki-Chudan (pukulan ke arah perut atau ulu hati),  Oi-Zuki-Jodan (pukulan arah kepala), dan tangkisan Gedan Barae (tangkisan bawah). Karateka sabuk kuning juga dilatih heian shodan (kata 1), heian nidan (kata 2) dan heian sandan (kata 3).

Karateka juga dilatih menerapkian kunci strategis dalam berhadapan dengan lawan agar pukulan tepat mengenai sasaran. Pukulan yang tepat dan kunci manpu menaklukkan lawan hingga tidak dapat bergerak.

Karateka mahasiswa STIKOM tersebut terlihat semangat dalam latihan perdana dan mengikuti teknik pukulan sesuai dengan arahan Sinpe Kelik panggilan akrab Bambang Kelik itu.

“Baru pertama kali latihan saja saya langsung jatuh cinta dengan karate padahal saya belum pernah mengikuti karate. Latihan perdana karate ini sangat menyenangkan karena saya bertemu dengan pelatih yang profesional dan kakak senior yang mampu menjadi panutan,” ujar Khanifa, salah satu karateka baru.

Teknik pukulan, menurutnya, yang diajarkan pun sangat mudah untuk dipahami sehingga peserta baru bisa mengikuti arahan dari Sinpe Kelik,

Berlatih karate, dia menambahkan dapat mengantisipasi jika terjadinya kejahatan dengan cara menghindari atau melawan musuh, bahkan karate adalah wadah untuk belajar bela diri agar mampu menjaga diri dari serangan musuh.

UKM Karate STIKOM Semarang diharaplam mampu bersaing dengan UKM perguruan tinggi lainya dan semakin cepat dikenal oleh masyarakat luar.

Latihan karate diakhiri dengan pendinginan yang dipimpin oleh karateka Salsa dan sumpah karate yang dipimpin oleh karateka Riyan. Sinpe Kelik juga memberikan berbagai motivasi kepada karateka agar tetap semangat dalam mengikuti latihan karate.(Aini Salsabila/rs)

* Artikel ini telah dibaca 36 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *