Home > LIFESTYLE > FILM > FKPT Jateng Bekali Pelajar Cegah Radikalisme Melalui Pelatihan & Workshop Produksi Film

FKPT Jateng Bekali Pelajar Cegah Radikalisme Melalui Pelatihan & Workshop Produksi Film

SEMARANG(Kampusnesia) – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme Provinsi Jawa Tengah (FKPT Jateng) akan menyelenggarakan workshop produksi film pendek yang akan diikuti 250 orang siswa SLTA dari berbagai daerah di Jateng.

Ketua FKPT Jateng Dr Drs Budiyanto, SH, MHum mengatakan kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung pada hari Rabu (31/10) di Aula SMK Syubbanul Wathon Pesantren API Tegalrejo Magelang.

“Kegiatan ini merupakan realisasi program bidang Pemberdayaan Pemuda dan Wanita FKPT yang diputuskan dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) FKPT se-Indonesia akhir Februari lalu di Jakarta,” ujarnya di Semarang , Mingggu (28/10)

Menurutnya, virus intoleransi, radikalisme dan terorisme akhir-akhir menyebar dengan leluasa di jagad maya dan nyaris tidak terbendung dan tidak tertandingi narasi-narasi sesatnya. Pesan propaganda negatif terus menerus mempengaruhi kalangan muda yang sepanjang hari menjadi penikmat informasi melalui saluran kimunikasi digital

Melaui workshop ini, lanjutnya, diharapkan kalangan pelajar selain dikenalkan dampak negatif dan bahaya intoleransi, radikal dan teror agar terpicu untuk menghindari dan mencegahnya, sekaligus menanamkan penguatan nasionalisme.

Ke depan, dia menambahkan dengan memiliki kemampuan memproduksi film pendek para remaja itu, diharapkan dapat menjadi duta – duta pencegah kejahatan kemanusiaan luar biasa yang memiliki kepedulian mengibarkan narasi-narasi damai dan humanis melalui film film pendek karyanya yang dapat menandingi narasi-narasi negatif di jagad maya.

Dengan demikian, tutur Budiyanto, publik terutama kalangan muda yang menjadi pengakses informasi media siber bisa memperoleh informasi akternatif, alias tidak selalu menerima luberan tsunami informasi yang bernada kebencian

Workshop ini dipandu
Tim Fasilitator dan Ahli dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Dua artis senior Christien Hakim dan Prisia Nasution dijadwalkan akan menjadi nara sumber pada workshop itu. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 23 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *