Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > Progdi Ilmu Komunikasi USM Selenggarakan Festival Tradisi Lokal Jateng

Progdi Ilmu Komunikasi USM Selenggarakan Festival Tradisi Lokal Jateng

SEMARANG[Kampusnesia] – Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Infornasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) akan menggelar berbagai festival untuk mengangkat potensi lokal yang dihelat melalui kegiatan bertajuk 7th Festival Komukino Jateng Remen.

Isa Maulana Gibraltar Ketua Bidang Promosi 7th Komukino Jateng Remen mengatakan kegiatan ini dijadwalkan akan berlanglsung pada hari Minggu 16 Desember  mendatang hutan wisata Tinjomoyo Semarang.

Menurutnya, latar belakang diselengarakannya kegiatan ini bermula dari  keprihatinan bahwa budaya dan tradisi lokal di Jateng mulai termarginalkan oleh desakan arus globalisasi.

“Berangkat dari realitas itu kami memandang, budaya dan tradisi yang tersebar di berbagai daerah di Jateng sudah saatnya direaktualisasikan dan direvitalisasi melalui berbagai upaya,” ujarnya di Semarang, Senin ( 5/11)

Dlam upaya mewujudkan hal itu, lanjutnya, Progdi Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Infornasi dan Komunikasi Universitas Semarang (FTIK USM) akan menggelar beberapa festival dan lomba menarik.

Festival, dia menambahkan meliputi festival makanan, kampung dolanan, jamu dan batik. Sedangkan lomba meliputi lomba stand up comedi,fotografi dan tari. Baik festival maupun lomba yang akan ditampilkan dalam festival ini merepresentasikan kekhasan dari 35 Kabupaten/kota.

Dia menuturkan upaya pelestarian budaya dan tradisi lokal melalui cara- cara seperti ini sudah dilakukan sebanyak tujuh kali dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketujuh.

Mlalui kegiatan ini diharapkan kalangan muda di Jateng terutama pelajar dan mahasiswa dapat lebih mengenali secara mendalam berbagai potensi yang ada d Jateng.

Dengan demikian, tutur Isa Maulana Gibraltar, paska kegiatan ini minat kalangan muda di Jateng untuk mengenali dan lebih memahami potensi lokal yang dimilikinya terus meningkat. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 32 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *