Home > HEADLINE > Kanwil Hukum Dan Ham Jateng Peride November 2018 Deportasi 135 WNA

Kanwil Hukum Dan Ham Jateng Peride November 2018 Deportasi 135 WNA

UNGARAN[Kampusnesia] – Kanwil Hukum dan Ham Jawa Tengah hingga periode November 2018, telah mendeportasi sebanyak 135 warga negara asing (WNA), akibat pelanggaran izin tinggal.

Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Hukum dan HAM Jawa Tengah Ramly HS mengatakan  sebanyak 135 WNA dideportasi tanpa proses pro justisia.

Menurutnya, WNA yang dideportasi telah melanggar peraturan yang berlaku terkait pelanggaran hukum berupa over stay dan menyalahi aturan izin tinggal yang berlaku.

“Sebanyak 135 WNA yang ada di wilayah Jateng itu sudah melakukan pelanggaran hukum, hngga kita harus menegakan hukum berupa pengusiran dari Indonesia,” ujarnya saat Rapat Tim Pengawasan Orang Asing di Kabupaten Semarang tahun 2018, di Ungaran, Kabupaten Semarang, Rabu (8/11).

Para orang asing, lanjutnya, yang dideportasi itu berasal dari sejumlah negara di kawasan Asia.

“Dari 135 WNA yang dideportasi di antaranya berasal darinegara China 26 orang, Korea Selatan 15 orang, Malaysia 11 orang, Yaman 10 orang dan  Timor Leste 9 orang,” tuturnya.

Ramly menuturkan WNA yang dideportasi dalam 10 bulan terakhir dalam tahun ini jumlahnya lebih besar dibandingkan periode yang tahun lalu.

Pada 2017 lalu, dia menambahkan jumlah WNA yang dideportasi tanpa proses justisia hanya sebanyak 125 orang.

Penegakkan hukum, menurutnya, dengan melakukan pendeportasian WNA tersebut merupakan bentuk komitmen institusi imigrasi.

“Ini merupakan bentuk komitmen institusi imigrasi dalam rangka penegakan hukum terhadap WNA yang melakukan pelanggaran hukum di Indonesia terutama di Jateng,” ujar Ramly. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 3 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *