Home > KABAR KAMPUS > EDUKASI KAMPUS > KAI Daop V Semarang Gelar Book Fair On Station

KAI Daop V Semarang Gelar Book Fair On Station

SEMARANG[Kampusnesia] – PT KAI menggelar  Book Fair on Station, Peluncuran Komik Si Loko dan Pengumpulan Donasi Buku yang berlangsung di stasiun Semarang Tawang, selama lima hari mulai 14 hingga 18 Nopember 2018.

Rangkaian acara Book Fair on Station di Stasiun Semarang dibuka secara resmi oleh  Executive Vice President (EVP) Daop 4, Yosita di Stasiun Semarang Tawang, Rabu (14/11).

Menurut Yosita, kegiatan itu merupakan salah satu upaya untuk memberikan berbagai pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pengunjung dan penumpang kereta api.

“Book Fair on Station merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan berbagai pengetahuan kepada masyarakat, khususnya pengunjung dan penumpang kereta api melalui cara yang menyenangkan dan seru,” ujarnya saat melaunching acara tersebut di Stasiun Semarang Tawang itu.

Seain itu, lanjutnya, tempatnya di stasiun juga cukup menyenangkan, bahkan acara ini pun bisa menjadi media edukasi yang unik dan menyenangkan bagi anak-anak.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto menuturkan kegiatan itu bakal menumbuhkan budaya membaca di semua kalangan masyarakat Indonesia, termasuk juga kalangan masyarakat ekonomi lemah.

Dengan demikian, dia menambahkan melalui event ini PT KAI juga menyelengarakan gerakan pengumpulan donasi buku yang hasilnya akan disumbangkan ke perpustakaan anak – anak jalanan dan rumah yatim piatu.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi sarana kampanye akan pentingnya rasa keperdulian kita kepada sesama dengan diwujudkan melalui sumbangan berupa sarana buku. Buku bisa sebagai sumber ilmu pengetahuan, melalui buku juga bisa menjadi wujud keperdulian dan solidaritas sosial,” tuturnya.

Dalam kegiatan Book Fair on Station ini, PT KAI bekerja sama dengan Kompas Gramedia. Book Fair on Station digelar sebagai upaya untuk meningkatkan kembali minat baca masyarakat dengan mendekatkan buku sebagai sumber bacaan di area stasiun.

Acara yang sama diselenggarakan secara serentak di enam stasiun KA meliputi Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Gambir, Stasiun Bandung, Stasiun  Yogyakarta, Stasiun Purwokerto dan Stasiun Surabaya Gubeng.

Tak hanya Book Fair on Station, namun PT KAI juga meluncurkan Komik Si Loko. Komik ini dibuat sebagai sebuah inovasi media pemasaran dan aktivasi dari maskot resmi KAI, yang bernama Si Loko. Dalam penerbitan dan distribusi komik dengan judul Komik Si Loko “The Origin” ini, KAI bekerja sama dengan Kepustakaan Populer Gramedia.

Gaya bahasa dan penggambaran pada Komik Si Loko “The Origin” dibuat menjadi cerita fiksi yang ringan dan jenaka, dengan karakter tokoh komik di dalamnya yang mendukung penyampaian pesan pemasaran dan pelayanan KAI.

Komik ini, lanjutnya, diharapkan bisa mendekatkan KAI pada target pemasarannya, terutama anak muda di rentang usia 18-30 tahun. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 15 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *