Home > Uncategorized > Ganjar Ajak Generasi Muda Biasakan Pola Hidup Sehat

Ganjar Ajak Generasi Muda Biasakan Pola Hidup Sehat

SEMARANG[Kampusnesia] – Gubernur Jateng Ganjar Pronowo mengajak generasi muda untuk membiasakan hidup sehat dengan mengkonsumsi sayur, buah berolah raga dan menjaga kebersihan.

Menurutnya masih banyak anak-anak yang belum terbiasa hidup sehat seperti tidak terbiasa cuci tangan sebelum dan sesudah makan, tidak mau makan buah dan sayur serta tidak suka berolah raga.

“Kondisi itu, dari sisi hulu membahayakan karena mereka akan mempunyai potensi penyakit yang sangat tinggi. Kalau sisi hulunya kita cegah dengan terbiasa cuci tangan sebelum makan, makan buah sayur dan 30 menit berolah raga akan bisa jauh mencegah,” ujarnya pada acara Gebyar Germas Pelajar Jateng, di GOR Universitas PGRI (Upgris) Semarang, Jumat (23/11).

Acara yang diinisiasi Dinas Kesehatan Jateng itu dihadiri sekitar 3.000 pelajar SMK se-Jateng dan melibatkan guru, pakar kesehatan serta perwakilan ormas. Selain deklarasi hidup sehat, juga dilakukan pemeriksaan tekanan darah, Pemeriksaan gula darah sewaktu, Pemeriksaan kolesterol.

Ganjar menuturkan perlu adanya treatment yang dilakukan terus menerus karena pola hidup sehat itu merupakan suatu kebiasaan, sehingga dengan mengajak bersama-sama untuk cuci tangan, makan sayur buah dan berolah raga akan menjadi kebiasaan baik.

“Biasakan hidup sehat, jauhi rokok, narkoba dan biasakan diajari kebersihan,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jatenmg Yulianto Prabowo mengatakan proporsi penduduk yang makan sayur dan buah sangat kecil, apalagi dibandingkan dengan negara lain, sehingga kebiasaan makan buah dan sayur harus dilakukan sejak kecil.

“Masyarakat tidak terbiasa makan buah dan sayur padahal sayur dan buah banyak di sekitar kita dan murah, tapi tidak terbiasa sejak kecil dan kita perlu mengkampanyekan makan buah dan sayur,” ujarnya. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 41 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *