Home > EKONOMI & BISNIS > Rapimnas Kadin 2018 Siap Bahas Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Rapimnas Kadin 2018 Siap Bahas Paket Kebijakan Ekonomi XVI

SOLO[Kampusnesia] – Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) akan membahas tentang Paket Kebijakan Ekonomi XVI dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2018 yang di gelar mulai Senin – Rabu (26-28/11).

Rapimnas yang digelar di Kota Solo itu juga sebagai ajang evaluasi serta merancang program untuk tahun – tahun depan (Roedmap).

Ketua Umum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani mengatakan terdapat tiga hal baru meliputi tax holiday, relaksasi aturan Daftar Negatif Investasi (DNI) dan Devisa Hasil Ekspor (DHE) juga bakal menjadi topik pembahasan Rapimnas.

“Untuk yang tax holiday dan DHE, Pemerintah melibatkan Kadin untuk diajak bicara tetapi untuk relaksasi DNI kami tidak diajak bicara,” ujarnya  kepada pers di Alila Hotel Solo, Senin (26/11).

Kadin, lanjutnya, telah meminta kepada pemerintah kebijakan relaksasi DNI tersebut dapat dikaji ulang dan disosialisasikan untuk mendapat masukan dari dunia usaha. Bahan sangat disesalkan Kadin tidak diajak bicara terkait kebijakan itu.

“Dalam Rapimnas ini, Kadin mengundang Menteri Koordinator Perekonomian dan kementerian terkait, sehingga bisa meminta penjelasan dari pemerintah terkait kebijakan tersebut,” tuturnya.

Hasil dari Rapimnas berupa masukan dari pelaku dunia usaha dan industri akan diserahkan kepada pemerintah. Rapimnas yang rencananya akan dihadiri Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat penutupan, Rabu (28/11/2018)  juga akan dilaksanakan penandatangan sejumlah kesepakatan.

“Kesepakatan itu, di antaranya dengan Kementan dan dengan Bulog,” ujar Ketua Komite Tetap Pemberdayaan Daerah Kadin Pusat, Ali Said.

Jokowi rencana akan menyampaikan pidato mengenai perekonomian Indonesia dan pembangungan ekonomi ke depan.

Sementara itu, Ketua Kadin Jateng Kukrit Suryo Wicaksono menuturkan Rapimnas kali ini menjadi kehormatan bagi Kadin Jateng, karena baru pertama kali ditunjuk sebagai penyelenggara Rapimnas (tuan rumah).

Rapimnas Kadin 2018 itu mengangkat tema Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan.

“Bukan hanya fokus pada Rapimnas saja tapi juga ada supporting event seperti pameran produk unggulan dari Kadin daerah,” tutur Kukrit.

Selain itu, dia menambahkan juga digelar kirab budaga Kadin Indonesia yang dijadwalkan pada Selasa (27/11). Kirab menggunakan 50 kereta kuda dan mengambil rute mulai dari Stadion Sriwedari hingga Balai Kota Solo. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 41 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *