Home > EKONOMI & BISNIS > BNPT Gandeng Pengusaha Untuk Bantu Usaha Mikro Eks Napiter Di Solo Raya

BNPT Gandeng Pengusaha Untuk Bantu Usaha Mikro Eks Napiter Di Solo Raya

SOLO[Kampusnesia]- Badan Nasional  Penanggulangan Terorisme (BNPT) menjalin kerja sama dengan kalangan pengusaha nasional untuk membantu para mantan narapidana teroris (eks napiter), dalam mengembangkan usaha berskala mikro yang dirintis setelah menjalani sanksi hukum

Direktur Perlindungan BNPT Brigjen Pol Herwan Haidir mengatakan kerja sama ini sebagai salah satu wujud hadirnya negara disaat ada warga negaranya sedang menghadapi kesulitan. Para eks napiter yang telah selesai menjalani hukuman dan kembali kemasyarakat harus memulai menjalani hidup baru untuk berjuang menghidupi keluarganya.

“Mereka tentu menghadapi kendala akses, BNPT membantunya dengan mencarikan mitra ke pihak-pihak yang bersedia membantu dan membimbingnya,” ujarnya saat  Peresmian Kewirausahaan Pop Warung Bagi Warga Binaan Pada Subdit Pemulihan Korban dan Subdit Bina Masyarakat Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT di Solo, Jum’at (30/11).

Menurutnya,PT Sukses Makmur Bersama Rakyat, perusahaan swasta nasional yang telah berhasil membina dan mengembangan usaha retail skala mikro melalui ratusan kios atau warung di Jabotabek yang dikelola masyarakat disinegikan dengan para eks napiter di kawasan Solo Raya dengan membuka 10 Pop Warung, brand  kios/warung yang diusung perusahaan ini.

Ke-10 Pop Warung itu, lanjutnya, dikelola para eks napiter  yang sebelumnya sudah mengelola usaha rumahan berskala mikro, sehingga usaha ini merupakan pengembangan usaha mereka.  Langkah ini juga sebagai salah satu terobosan yang ditempuh BNPT dalam mencegah berkembangnya aksi teror dan melindunginya dari pengaruh tetor.

Dia menuturkan dengan mengelola usaha-usaha yang potensial meski berskala mikro secara otomatis akan memotong jaringan para eks napiter, apalagi mereka sudah merasa diperhatikan oleh negara, tentu tidak lagi dengan mudah bisa dipengaruhi untuk bergabung dengan kelompok teror.

Kerja sama seperti ini, tutur Herwan Haidir, akan dilanjutkan lagi ke daerah-daerah lain , karena para eks napiter di luar Solo Raya juga ingin difasilitasi BNPT dalam menjalin kemitraan dengan kalangan dunia usaha

Kepala Pengembangan Bisnis PT Sukses Bersama Rakyat Dianri Taufik mengatakan pihaknya selalu siap diajak kerja sama dengan siapa saja dalam mengembangan usaha. Bahkan kerja sama dengan komunitas eks napiter baru kali ini dilaksanakan.

“Dalan bermitra dengan sektor usaha berskala mikro, selain bantuan teknis kami juga siap memberikan bantuan pengembangan SDM dan perluasan mitra,” ujar Taufik. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 176 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *