Home > EKONOMI & BISNIS > Pemkot Semarang Pastikan Bakal Realisasikan Pembangunan LRT

Pemkot Semarang Pastikan Bakal Realisasikan Pembangunan LRT

SEMARANG[Kampusnesia] – Pemkot Semarang memastikan tetap bakal mewujudkan pembangunan Light Rail Transit (LRT) koridor I rute Pasar Bulu -Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan kini persiapakan groundbreaking pembangunan LRT sudah matang dan akan dilaksanakan pada awal 2019 mendatang.

Konsep pembangunan LRT, lanjutnya, akan menggunakan pembiayaan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Jika hanya mengandalkan anggaran dari Pemkot tidak mencukupi, sehingga solusi kami tawarkan skema KPBU dan mempersilakan bagi investor yang berminat menanamkan modalnya untuk proyek unfrastruktur ini,” ujar Hendi panggilan akrab Hendrar Prihadi itu, Jumat (30/11).

Menurutnya, skema tersebut pembiayaan akan ditanggung bersama antara Pemkot Semarang, pihak swasta dan dukngan bantuan Pemerintah Pusat. Keterlibatan Pemerintah Pusat melalui  bantuan anggaran Kementerian PUPR.

Kerja sama yang dilakukan beberapa pihak itu, lanjutnya, dengan ketentuan bagi hasil keuntungannya, hi8ngga beban Pemkot pun menjadi ringan. Semua itu untuk mewujudkan layanan transportasi yang aman dan baik untuk masyarakat.

Hendi menuturkan rencana pembangunan LRT sebagai bentuk keseriusan Pemkot Semarang untuk merealisasikan transportasi masal di Kota Semarang, sekaligus untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan mengatasi persoalan kemacetan yang terjadi di jalan-jalan protokol.

“Kehadiran LRT diharapkan sudah bisa terwujud dan selesai pembangunannya satu tahun ke depan. Kami berharap pembangunan LRT ini bisa sesuai target yang ditentukan,” tutur Hendi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang Irwansyah mengatakan pihaknya kini terus melakukan perancangan mengenai LRT yang aman dan efisien.

Saat ini perencanaan LRT, menurutnya, telah sampai pada tahap pembahasan konsep dan  tahap awal atau koridor I, LRT Kota Semarang akan terintegrasi dari bandara menuju kawasan kota. (rs)

* Artikel ini telah dibaca 152 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *