Home > HEADLINE > FKPT Jateng Ajak Wargat Cegah Radikalisme Dan Teroriame Jelang Natal Dan Tahun Baru

FKPT Jateng Ajak Wargat Cegah Radikalisme Dan Teroriame Jelang Natal Dan Tahun Baru

SEMARANG[Kampusnesia] – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng mengajak seluruh elemen masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dini, untuk mencegah   aksi radikalisme dan terorisme menjelang dan saat perayaan Natal  2018 dan Tahun Baru 2019.

Ketua FKPT Jateng Dr Drs Budiyanto SH M.Hum mengatakan belajar dari pengalaman masa lalu, seringkali para pelaku aksi radikal teror memanfaatkan momentum – momentum saat terjadinya mobilisasi masyarakat yang akan atau sedang merayakan hari-hari besar keagamaan maupun nasional

“Para pelaku kejahatan kemanusiaan luar biasa akan selalu memanfaatkan celah dan kelengahan masyarakat, termasuk saat berkonsentrasi merayakan Natal dan Tahun Baru yang waktunya berhimpitan itu,” ujarnya, Selasa (18/12)

Menurutnya, potensi kewaspadaan masyarakat mengendur di seputar dua hari besar itu cukup tinggi, sehingga FKPT Jateng menyerukan kepada seluruh elemen baik pemerintah maupn non pemerintah agar tetap selalu waspada, agar para pelaku aksi radikal teror tidak memiliki ruang gerak untuk menggelar aksinya.

Bagi para pelaku aksi radikal dan teror, lanjutnya, untuk saat ini yang penting bagi mereka adalah dapat memiliki ruang dan kesempatan untuk melakukan action serta menarik perhatian publik, bahwa mereka masih eksis, tidak peduli dengan adanya korban atau penderitaan orang lain.

Dia menuturkan aksi di sekitar perayaan hari besar itu sekaligus untuk membangun opini publik dan memunculkan keresahan, kesan rasa takut di lingkungan masyarakat. Jika masyarakat resah maka para pelaku teror merasa telah mencapai kemenangan, sehingga moril mereka terangkat dan rasa percaya dirinya meningkat

Namun, dia menambahkan jika semua elemen masyarakat bergerak bersama secara massif melakukan pencegahan dan menutup semua celah, maka hampir dapat dipastikan para teroris atau orang suruhannya tidak akan berani beraksi di Jateng. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 62 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *