Home > HEADLINE > Keberadaan Kemenag Perkuat Simpul Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Keberadaan Kemenag Perkuat Simpul Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia

SEMARANG[Kampusnesia] –   Keberadaan Kementerian Agama (Kemenag) menjadi salah simpul utama dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yang didalamnya penuh dengan berbagai keragaman.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah (Kanwil Kemenag Jateng), H Farchani mengatakan momentum peringatan hari kelahiran Kemenag ke-73 yang dikenal dengan Hari Amal Bhakti (HAB) setiap 3 Januari ini diharapkan dapat menginspirasi generasi penerus dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Para pendiri NKRI sangat menghargai adanya berbagai perbedaan, namun keragamaan itu justru menjadi pemicu untuk bersatu dalam membangun bangsa dan negara, bukan sebaliknya menjadi alasan untuk berpisah demi memenuhi ambisi dan rasa egois,” ujar Farchani usai memimpin upacara bendera dalam rangka HAB ke-37 di halaman Kantor Kanwil  Kemenag Jateng, di Semarang, Kamis (3/1).

Menurutunya, pelestarian nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa harus selalu digelorakan oleh seluruh elemen bangsa Indonesia  tiada henti, tak terkecuali para aparatur sipil negara (ASN) Kemenag yang didalamnya sangat beragam agama yang dipeluk dan berbagai identitas yang diikutinya, namun tidak menjadikan lembaga negara ini menjadi pemicu atau sumber perpecahan.

Justru sebaliknya Kemenag menjadi simbul bertemunya berbagai perbedaan yang dibalut menjadi sebuah kekuatan bangsa. Apalagi jika dirunut ke belakang, diawal-awal kehadiran kementerian ini beberapa bulan setelah proklamasi kemerdekaan dipelopori oleh para tokoh-tokoh pergerakan Islam dari berbagai macam organisasi yang beragam aliran pemikiran keagamaannya.

Meski beragam, lanjutnya, mereka merasa senasib seperjuangan untuk bersama-sama menegakkan NKRI dan memberikan pelayanan kepada warga bangsa dalam  menjalankan ajaraan agamanya. Meski pemerintahan Indonesia beberapa kali berganti, namun keberadaan Kemenag tetap dipertahankan dari sejak awal berdirinya NKRI hingga sekarang, karena keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Dia menuturkan dalam konteks kekinian terutama saat bangsa Indonesia menghadapi pesta demokrasi dalam beberpa bulan ke depan, para ASN Kemenag di Jateng diharapkan dapat mempertahankan jatidirinya sebagai abdi masyarakat yang sangat menghargai keragaman, termasuk keragaman pilihan politiknya.

Usai upacara bendera  HAB ke-37 , Kepala Kanwil Kemenag Jateng , Farchani  beramah tamah dengan para mantan ASN  Kemenag yang dilanjutkan dengan tasyakuran bersama seluruh karyawan di aula Kanwil Kemenag Jateng. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 140 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *