Home > HEADLINE > Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Demak Meningkat

Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Kabupaten Demak Meningkat

DEMAK[Kampusnesia] – Wisata berbasis potensi bahari yang dikembangkan di wilayah pesisir Kabupaten Demak berhasil mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan,  terutama di obyek religi di bekas pusat kesultanan Islam pertama di tanah Jawa ini

Kepala Bidang  Pengembangan Daya Tarik Qisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata( Dinparta) Kabupaten Demak Sutomo mengatakan saat ini Pemkab Demak bersama masyarakat sedang gencar mempromosikan obyek-obyek wisata baru berbasis kelautan. Hasilnya pun cukup menggembirakan.

“Obyek wisata baru itu di antaranya Pantai Morisari di Kecamatan Sayung, pantai Istambul atau Istana Tambak Bulusan (Karangtengah), wisata Mangrove di Desa Babalan dan Wisata Reduksi di Desa Kedungmutih Wedung Demak,” ujarnya, Jumat (4/1).

Selain itu, lanjutnya, juga Wisata Mangrove di Desa Bedono Kecamatan Sayung. Obyek-obyek wisata ini akan menjadi andalan baru untuk menyedot wisatawan domestik mupun mancanegara.

Menurutnya, obyek wisata religi yang selama ini menjadi brand utama Demak seperti Komplek Masjid Agung Demak yang nenyatu dengan Makam Sultah Fatah, Komplek Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu Demak, Makam Syeh Mudzakir di Morosari Demak yang lokasinya dikelilingi air laut tetap menjadi andalan utama dalam menyedot kunjungan wisatawan atau peziarah.

Jumlah wisatawan, dia menambahkan yang mengunjungi obyek-obyek wisata di Demak dalam kurun satu tahun terakhir meningkat dibanding dengan kurun waktu yang sama setahun sebelumnya, baik wisawatan manca negara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus).

Dia menuturkan, jumlah wisman yang berkunjung pada 2018 tercatat mencapai sebanyak 1.373 wisatawan, lebih besar dari setahun sebelumnya hanya seanyak 805 wisatawan. Sedangkan untuk wisnus selama tahun lalu sebanyak 1,7 juta orang lebih besar dibanding tahun sebelumnya hanya sebanyak 1,6 juta orang.

Peningkatan jumlah pengunjung ini, tutur Sutomo, didiorong adanya kreasi dan inovasi Pemkab bersama masyarakat dalam memaksimalkan promosi potensi obyek wisata baru yang saat ini sedang menggeliat di kawasan pesisir.

Dia mengatakan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata ini pihaknya akan terus semakin gencar melakukan promosi yang dibarengi berbagai upaya peningkatan fasilitas penunjang yang dapat memberikan kenyamanan pengunjung sehingga lebih betah untuk berlama -lama menikmati wisata di Demak.

Selain itu, dia menambahkan wisatawan yang telah mendapat pelayanan yang baik dan nyaman, berpotensi untuk kembali berwisata maupun berziarah ke Demak di lain waktu cukup tinggi, sehingga tahun depan jumlah kunjungan wisata bakal terdongkrak lebih banyak lagi. (Faidul Atiq/smh)

* Artikel ini telah dibaca 10 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *