Home > LIFESTYLE > FILM > MUI Jateng Dorong Sutradara Dan Sineas Tingkatkan Produksi Film Dakwah

MUI Jateng Dorong Sutradara Dan Sineas Tingkatkan Produksi Film Dakwah

SEMARANG[Kampusnesia] – Majlis Ulama Indonesia (MUI) Jateng mendorong para sutradara dan sineas untuk lebih produktif lagi dalam memproduksi film-film dakwah, sinetron religi dan pesan-pesan kebaikan lainnya melalui iklan layanan masyarakat.

Ketua Umum Majlis Ulama Indonesia (MUI) Jateng, KH Dr Ahmad Darodji, M.Si mengharapkan agar para sutradara dan sineas muslim terpanggil, untuk berpartisipasi menyemarakkan ranah dakwah melalui film-film yang digarapnya.

“Saat ini terjadi pergeseran cara dan  perilaku masyarakat dalam menerima pesan dari perilaku auditif berubah ke visual. Iklan sabun, kosmetik, pasta gigi misalnya, ditayangkan hanya beberapa detik saja pesannya, tetapi bisa ditangkap dan dipahami oleh masyarakat,” ujar kyai Darodji saat membuka Seminar dan Lokakarya (Semiloka) Peran Film sebagai Media Dakwah yang diselenggarakan MUI Jateng di Hotel Semesta, Jalan KH Wahid Hasyim, Kranggan, Semarang, Senin (7/1).

Menurutnya, film, sinetron dan tontonan lainnya yang berdurasi panjang tentunya memiliki kekuatan yang lebih besar dalam mempengaruhi masyarakat, sehingga film dapat dijadikan sebagai media alternatif dalam mengembangkan dakwah.

Kepada pengurus MUI dan para mubaligh, lanjutnya, diharapkan dapat memahami, syukur bisa menguasai teknis perfileman, sudah saatnya metode dan strategi dakwah dilakukan didiversifikasi searta dilakukan inovasi

Dia menuturkan melalui kegiatan ini MUI Jateng ingin membekali para pengurus MUI Kabupaten/Kota se-Jateng untuk mengembangkan seni perfilman, sinetron, dan pesan-pesan layanan sosial melalui iklan untuk dakwah di lingkungan masing-masing, sehingga  panggung atau pentas dakwah di akar rumput tidak kering tetapi lebih inovatif.

Beberapa narasumber memberi masukan kepada100 peserta semiloka yang terdiri dari pengurus MUI Kabupaten/Kota se-Jateng, utusan pesantren dan perguruan tinggi di Jateng.

Mereka adalah Ketua Bidang Perizinan dan Operasional Film Pusat Pengembangpan Perfilman Kemendikbud RI Dian Srinursih, Penulis dan Sutradara Film Habiburrahman El-Shirazi, Ketua Komisi Pembinaan Seni dan Budaya Islam MUI Jateng Dr H Abdul Muhaya MA, Prof Dr H Mudjahirin Thohir MA antropolog Undip dan sutradara film Hani Mustofa. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 33 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *