Home > HEADLINE > Bupati Demak Natsir Pimpin Apel Siaga Bencana 2019

Bupati Demak Natsir Pimpin Apel Siaga Bencana 2019

DEMAK[Kampusnesia] – Bupati Demak HM Natsir memimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana 2019 yang digelar Polres Demak, di Lapangan Obyek Wisata Pantai Morosari Desa Bedono Sayung Demak, Kamis (10/1).

Natsir  mengatakan apel kesiapsiagaan bencana saat memasuki musim hujan ini sangat penting, sebagai upaya untuk penguatan koordinasi bersama seluruh unsur yang terkait dengan kebencanaan dibawah kendali Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Demak

”BPBD sebagai koordinator penangganan bencana saya harapkan dapat menjembatani seluruh unsur terkait, cepat lakukan koordinasi dengan PMI, TNI, Polri, relawan maupun pihak kecamatan dan desa,” ujarnya.

Menurutnya, semua pihak yang terkait dengan penanganan kebencanaan harus bersatu padu melakukan langkah-langkah antisipasi. Termasuk apabila benar-benar terjadi bencana, sehingga resikonya bisa ditekan seminimal mungkin

Antara pemerintah dan masyarakat, lanjutnya,  dapat terjalin sinergitas dalam upaya penanggulangan bencana. Kepada seluruh peserta apel diharapkan dapat berperan aktif dengan memulai langkah-langkah kecil dan sederhana. Misalnya menjaga  kebersihan lingkungan.

Caranya, dia menambahkan dengan menjadi pelopor inisiator dilingkungan masing-masing.

Dia menuturkan bencana memang tidak bisa dihindari, namun, setidaknya dapat di antisipasi dan direaksi cepat melalui prediksi-prediksi untuk meminimalisir jatuhnya korban.

Kabag Ops Polres Demak Kompol Ali Ahmadi mengatakan lokasi pantai dipilih karena biasanya hujan berpengaruh kepada ketinggian gelombang air laut.

“Jadi, Apel Siaga Bencana 2019 ini diselenggarakan tidak lain untuk mengantisipasi tingginya gelombang air laut memasuki musim penghujan,” tuturnya.

Menurutnya,  Polres Demak  akan menyiapkan sarana dan prasarana terbaik yang sudah dimiliki.

Hadir pada kegiatan itu, Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar, SIK, MM, dan Dandim 0716 Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto, Forkopimda Kabupten Demak, Kepala BPBD, seluruh Camat, Kapolsek, Danramil Se- Kabupaten Demak, Kasat Polair serta para relawan baik dari BPBD, Tagana, PMI, Kades dan seluruh perangkat Desa Bedono Sayung Demak.

Usai apel, dilakukan pengecekan semua kendaraan operasional dan perahu-perahu karet yang dimiliki Polres Demak, Kodim 0716 Demak dan BPBD Demak. (Faidul Atiq/smh)

* Artikel ini telah dibaca 16 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *