Home > EKONOMI & BISNIS > Jokowi Hadiri HUT Ke-9 BukaLapak Di JCC

Jokowi Hadiri HUT Ke-9 BukaLapak Di JCC

JAKARTA[Kampusnesia] –
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-9 salah satu ‘start-up unicorn’ Indonesia, BukaLapak. Acara ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis(10/1).

Jokowi mengatakan para pelaku usaha hendaknya tidak hanya mengeksploitasi pertumbuhan ekonomi digital. Demikian juga BukaLapak sebagai organisasi, jangan hanya sekadar mengejar keuntungan.

“Yang saya lihat BukaLapak ini adalah organisasi yang memiliki hati, memiliki jiwa, punya misi sosial, jauh di luar hanya sekadar mengejar profit dan keuntungan. Nah inilah saya kira yang menjadi contoh, menjadi teladan kita agar semua pelaku ekonomi digital kita ini meniru dan memiliki semangat yang sama,” ujarnya.

Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada BukaLapak yang kini telah memiliki 4 juta pelapak yang 80%-nya merupakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Meski angka itu merupakan angka yang besar.

Jokowi berharap agar bisa lebih banyak lagi UMKM yang masuk ke BukaLapak. Jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai sebanyak 56 juta.

“Tadi Pak Zaky menyampaikan bahwa sekarang pelapak yang ada di BukaLapak ini ada 4 juta. Ini jumlah yang sangat besar. Tetapi kalau dibandingkan dengan 56 juta, BukaLapak masih punya pekerjaan besar yang 52 juta,” tutur Jokowi.

Menurutnya, dari laporan yang diterima menyebutkan BukaLapak tahun ini diseleksi oleh pemerintah untuk menjadi salah satu penyalur kredit kepada UKM yang namanya kredit UM atau kredit Ultra Mikro.
Ini sangat bagus sekali, instrumen kredit ini akan sangat bermanfaat bagi usaha-usaha mikro yang dimiliki.

Usai menyampaikan sambutan, Presiden Jokowi bersama dengan ‘founder’ dan CEO BukaLapak Achmad Zaky, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf bersama-sama menekan tombol virtual sebagai simbol peluncuran mitra warung BukaLapak.

Tampak hadir juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 5 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *