Home > EKONOMI & BISNIS > PT STP Luncurkan Bike Sharing “ GOWES” Pertama Di Kota Semarang

PT STP Luncurkan Bike Sharing “ GOWES” Pertama Di Kota Semarang

SEMARANG[Kampusnesia] – PT Surya Teknologi Perkasa (STP) mulai memperkenalkan produk GOWES Bike Sharing Platform & Application sebagai kendaraan dan sepeda ramah lingkungan (eco friendly) kepada masyarakat, di Kota Semarang.

Sebanyak 60 unit kendaraan ramah lingkungan diperkenalkan masyarakat melalui kegiatan Car Free Day (CFD) di kawasan Simpanglima, tepatnya di depan Hotel Ciputra Semarang, Minggu (3/2).

GOWES Bike Sharing Platform & Application diluncurkan pertama kali di Semarang dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang serta Jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) setempat.

Kendaraan ramah lingkungan sebanyak itu, terdiri 30 unit sepeda, 20 unit e-scooter dan 10 unit e-bike GOWES fleet. Keseluruhan digunakan untuk uji coba secara gratis, sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat Semarang.

Iwan Suryaputra Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa (STP) mengatakan Bike Sharing “ GOWES” diwujudkan, sebagai upaya memberikan kendaraan alternatif sehari-hari bagi semua kalangan.

Menurutnya, berawal dari pengembangan produk utama Surya Teknologi Perkasa (STP) yakni Tracking Device & Digital Indonesia Map hingga teknologi Internet of Things (IOT) ini dapat diaplikasikan pada sepeda GOWES, sehingga memudahkan pengguna dalam memakai sepeda.

“Bagi masyarakat yang ingin menggunakan sepeda GOWES dapat melalui android dengan mengunduh aplikasi GOWES di Google Play Store dan App Store,” ujarnya

Selanjutnya, dia menambahkan klik aplikasi GOWES lalu terlebih dahulu masukkan nomor HP, setelah mendapatkan verifikasi kode, isi identitas pengguna secara lengkap dan otomatis anda akan mendapat akun pribadi. Jika hendak menggunakan langsung saja scan barcode yang ada di sepeda. Dengan begitu kunci sepeda akan terbuka dengan sendirinya.

Pengguna, lanjutnya, tidak harus melakukan pengembalian sepeda yang digunakan ke titik awal, namun dapat dikembalikan ke titik-titik tertentu sesuai dengan peta digital yang terdapat di aplikasi area operasional GOWES. Tidak hanya mengembalikan ke titik-titik tertentu, namun pengguna juga dapat mengembalikan ke tempat terdekat dengan titik tersebut.

Dengan Tracking Device & Digital Indonesia Map pada sepeda – sepeda tersebut, tim GOWES dapat melacak keberadaan sepeda dan kemudian akan melakukan collecting sepeda– sepeda yang telah selesai digunakan oleh pelanggan.

Iwan menuturkan terdapat berbagai titik pusat keramaian yang terhubung dengan peta digital milik SPT di antaranya di pusat oleh – oleh, Lawang Sewu, Goa Kreo, Kelenteng Sam Poo Kong dan berbagai tujuan wisata lainnya di Kota Semarang.

“Dalam waktu ke depan ratusan GOWES fleet akan ditempatkan diberbagai wilayah Kota Semarang dengan biaya untuk sepeda sekitar Rp10.000, e-scooter dan e-bike GOWES fleet sekitar Rp25.000.
Top up credit dapat dilakukan melalui kios digital MCAS yang terletak di ribuan titik di Indonesia,” tuturnya.

Selain itu, tutur Iwan, STP juga menawarkan produk – produk digitalnya kepada pelanggan melalui aplikasi GOWES, di antaranya pulsa, paket internet dan berbagai produk digital lainnya. (Probosari/Novi Ratna Sari/rs)

* Artikel ini telah dibaca 46 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *