Home > HEADLINE > Nurani Wartawan Jadi Andalan Media Massa Dalam Berkompetisi Dengan Medsos

Nurani Wartawan Jadi Andalan Media Massa Dalam Berkompetisi Dengan Medsos

JAKARTA[Kampusnesia] – Nurani wartawan menjadi andalan kekuatan media massa yang tak tertandingi dalam berkompetisi dengan media sosial yang hanya mengandalkan peran nitizen atau robot dalam menyajikan informasi kepada publik.

Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari mengatakan kompetisi antara media massa dengan medsos dalam menyajikan informasi kepada masyarakat akhir-akhir ini berlangsung semakin ketat. Situasi ini jangan sampai meresahkan pengelola media mainstreem yang didukung SDM wartawan yang profesional.

“Profesionalisme wartawan menjadi salah satu kunci untuk mengimbangi gempuran medsos yang SDM-nya tidak dibekali Kode Etik Jurnalistik atau regulasi lainnya yang terkait dengan pers,” ujarnya saat menutup Training of Trainers Asesor UKW yang diselenggarakan PWI Pusat di Hotel Park  Cawang Jakarta Timur,  Sabrtu (24/2).

Menurutnya, inilah yang menjadi pembeda utama antara media massa dengan medsos. Dengan didukung wartawan profesional institusi media massa memiliki nurani dalam mersepon berbagai hal,sementara medsos sebaliknya,  sehingha kearifannya kering atau nyaris tidak ada.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan adanya TOT ini sebagai organisasi kewartawanan  tertua di Indonesia, PWI dapat terus mendorong lahirnya wartawan profesional dan kompeten yang dapat di perankan untuk memunculkan inspirasi dalam menyajikan informasi yang formatif.

Dia menuturkan membiaknya medsos jangan ditakuti, tetapi harus direspon dengan menghadirkan informasi yang  valid dan terjaga akurasinya setiap saat.

Informasi yang sedemikian itu, dia menambahkan hanya bisa muncul dari wartawan yang kreatif, informatif, akuntabel dan kompeten. Wartawan profesional dalam bekerja dipandu dengan KEJ dan regulasi lain terkait dengan pers.

Sebaliknya medsos, tutur Atal, tidak memiliki SDM yang sedemikian itu, sehingga sebenarnya bisa saja dikalahkan oleh media massa dalam memperebutkan kepercayaan masyarakat. (smh)

* Artikel ini telah dibaca 17 kali.
Kampusnesia
Media berbasis teknologi internet yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *